Banjir Program di Food & Hotel Indonesia 2023

Tuesday, 25 July 23 Bonita Ningsih

Kembali hadir untuk ke-17 kalinya, Food & Hotel Indonesia (FHI) 2023, akan menghadirkan serangkaian program yang dapat dinikmati para pengunjung. Diselenggarakan bersamaan dengan Hotelex Indonesia dan Finefood Indonesia, serta Retail Indonesia, pameran ini hadir mulai tanggal 25-28 Juli 2023 di Jakarta International Expo (JIExpo). 

PT. Pamerindo Indonesia selaku pihak penyelenggara telah menyiapkan beragam acara pendukung yang dapat dinikmati selama empat hari. Acara tersebut digelar dengan berbagai partner asosiasi hingga komunitas profesional yang berkaitan dalam industri tersebut.

“Semua yang hadir dalam FHI 2023 berkesempatan lebih untuk belajar langsung dari para ahli sekaligus menjalin koneksi dengan para profesional,” kata Juanita Soerakoesoemah, Event Director FHI 2023. 

Salah satu program yang rutin digelar di dalam FHI adalah the 13th Salon Culinaire. Ini merupakan kompetisi adu keahlian kuliner chef internasional dari berbagai kategori. Kegiatan yang ini terselenggara atas kolaborasi bersama Association Culinary Professionals Indonesia (ACP) dengan Indonesia Pastry Alliance (IPA) yang disponsori oleh Keisi, Rotaryana, dan Lotus Food Services.

BACA JUGA:   Dua Brand Misterius Debut di IIMS 2020

Terdapat juga kompetisi kulinari khusus Wok Competition yang melombakan 2 kategori kelas di dalamnya. Kategori yang dihadirkan adalah Kikkoman Nasi Goreng dan Kikkoman Wok Fried Asian Chicken.

Ada pula Asia Pastry & Baking Challenge yang disponsori oleh Mega Global Tech dan diselenggarakan oleh IPA. Bagi pecinta coklat, juga akan dihadirkan Spirit of Indonesian Chocolate oleh IPA dan Indonesia Sommelier Association (ISA). Kegiatan ini menghadirkan sebuah workshop yang bertujuan untuk mengetahui lebih dalam seputar cokelat di Indonesia.

Rahmat Kusnaedi, President IPA, mengatakan bahwa saat ini industri pastry dan baking tengah berkembang di kalangan masyarakat dunia. Namun, belum ada kompetisi terkait kategori tersebut yang dihadirkan di seluruh dunia. Hal tersebut yang mendorong IPA untuk menggelar Asia Bakery & Pastry Challenge di FHI 2023. 

“Kompetisi ini akan menginspirasi praktisi pastry dan bakery karena apa yang dilombakan hasilnya akan selalu menjadi trend pastry dan bakery kedepannya,” ujar Rahmat.

BACA JUGA:   100 Tenant Berpartisipasi dalam Pameran DXI 2023

Selain makanan, FHI 2023, juga diramaikan dengan kompetisi minuman yaitu Indonesia Coffee Events (ICE) oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI). Ada juga kegiatan terbaru yang dihadirkan dalam FHI 2023 yaitu Coffee Talk oleh Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI) dan Barnation. Ini merupakan sebuah kompetisi bartender kolaborasi dengan Indonesia Food & Beverage Executive Association (IFBEC) yang disponsori oleh Nano Logistic dan Jaddi Internasional.

Terdapat juga F&B Innovation Awards, IFBEC Talk Show, dan Craft to Beer Fest. Ini menjadi acara Networking Day untuk praktisi industri, vendor, maupun supplier untuk berkumpul dan saling berbagi ide. Di sini, mereka juga dapat berdiskusi tentang update kondisi terkini di industri minuman.

FHI 2023 juga menghadirkan kegiatan menarik dengan para profesional sebagai pengisi acara di antaranya Gelato Workshop oleh Carpigiani bersama chef Gelato ternama seperti Chef Louis Tanuhadi, Chef Alessandro Masia, dan Chef James Neider. Hadir kembali Wine Masterclass dengan tema “Cabernet from All Over the World” dan “Grape Variety Class and Food Pairing” serta Sommelier Competition oleh ISA.

BACA JUGA:   Pameran PEVS 2024 Hadir Lebih Lama dan Besar

“FHI tidak hanya hadir sebagai ajang pameran dagang saja, namun juga sebagai sarana pembelajaran bagi pebisnis dan penggiat di industri ini. Dengan harapan dapat mendukung akselerasi bisnis yang berkelanjutan,” ucap Marketing Communication Manager FHI 2023, Leonarita Hutama. 

Leona juga menjelaskan acara ini didukung oleh beberapa asosiasi dan lembaga seperti Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA), BULOG dan APEDA, ALLAS, BINUS University dan LPPOM MUI. Terdapat juga akses business networking melalui FHI Business Matching Programme, FHI TV Programme, dan kegiatan menarik lainnya.