Batal Diselenggarakan Offline, IFRA 2020 Hadir Secara Virtual

Monday, 24 August 20 Bonita Ningsih
IFRA 2020

Situasi pandemi COVID-19 mendorong pelaku industri untuk membuat sebuah terobosan baru dan berpikir kreatif agar dapat mempertahankan bisnisnya. Seperti halnya yang dilakukan pelaku industri MICE, yaitu membuat inovasi untuk mengadakan pameran virtual.

Salah satu pameran yang akan diadakan secara virtual ialah License and Business Concept Expo and Conference (IFRA) 2020. Pameran yang diselenggarakan oleh Dyandra Promosindo bekerja sama dengan Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) dan Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) ini akan digelar pada 18 hingga 20 September 2020 melalui IFRA Virtual Platform. Pameran lisensi dan waralaba The 18th Indonesia Franchise ini akan menjadi event perdana secara online bagi pihak penyelenggara.

Awalnya, pameran waralaba ini telah direncanakan digelar secara offline di Jakarta Convention Center (JCC). Namun, melihat kondisi saat ini dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Masa Transisi yang kembali diperpanjang, membuat pihak penyelenggara mengurungkan niatnya untuk menggelar secara offline.

Anang Sukandar, Ketua Umum AFI, mengatakan bahwa tahun ini IFRA siap menghadirkan sesuatu yang baru dari penyelenggaraan sebelumnya. IFRA 2020 dapat mengakomodir semua stakeholders dan dapat bertemu dalam satu platform. Pameran yang biasanya bertatap muka langsung secara offline, saat ini dapat bertemu melalui virtual tanpa mengurangi interaksi antara pengunjung dan peserta pameran.

“Inilah yang dinamakan adanya new product development, adanya penyesuaian dan pengembangan produk usaha dalam beradaptasi dan menyesuaikan situasi terkini. Hal ini yang coba kami terapkan di IFRA dan industri lisensi dan waralaba pada umumnya,” ujar Anang.

Melalui pameran virtual ini, pengunjung tetap dapat berinteraksi dengan peserta pameran melalui platform yang telah disediakan. Pameran virtual ini merupakan platform yang efektif dan efisien bagi para pelaku usaha, franchisor, dan lisensor untuk bertemu dengan calon franchisee dan licensee yang potensial.

Selain itu, melalui virtual, pengunjung dapat mengakses pameran IFRA dengan waktu dan tempat yang fleksibel. Istimewanya lagi, pengunjung dapat secara langsung mengakses pameran virtual IFRA ini melalui ponsel pintar miliknya. Pengunjung juga berkesempatan untuk live chat dengan peserta pameran dan dapat juga menjadwalkan business matching.

Di sisi lain, peserta pameran juga akan memperoleh keuntungan dan kelebihan jika mengikuti pameran ini. Peserta pameran akan mendapatkan kemudahan dan fleksibilitas dalam mengakses virtual booth, jangkauan potential business target lebih luas, mendapatkan fitur business matching, fitur live atau private chat, slot untuk presentasi bisnis, katalog produk atau paket investasi, company profile, dan display video.

Halaman : 12