FLOII Expo 2023 Dukung Tanaman Hias Indonesia ke Pasar Global

Friday, 29 September 23 Harry
FLOII Expo 2023

Pameran tanaman hias FLOII Expo 2023 resmi berlangsung pada 28 September-1 Oktober 2023 di Hall 2 Indonesia Conference Exhibition (ICE) BSD, Tangerang. Perhelatan kali ini mengambil tema “Rooted in Tradition, Blooming in Innovation”.

Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM, menyampaikan bahwa sumber daya alam Indonesia, terutama dalam bentuk tanaman hias, sungguh luar biasa. Indonesia memiliki keunggulan komparatif dengan negara lain dalam hal budidaya tanaman hias. Apalagi, kemampuan rekayasa genetika dan teknologi pemeliharaan tanaman Indonesia terbilang maju.

“Secara ekonomi, pasar tanaman hias Indonesia masih bisa lebih dioptimalkan lagi. Pangsa pasar tanaman hias Indonesia terbilang kecil di tingkat global. Hanya 0,1 persen dari pangsa pasar global senilai US$22 miliar. Untuk itu, perlu dukungan lebih dari pemerintah, seperti Kementerian Pertanian dan Kemenkop UKM, termasuk semua pemangku kepentingan terkait,” ujar Teten. 

BACA JUGA:   Indonesia Promosikan Wisata Golf di Singapore Press Holdings Golf Travel Fair 2019

Rosy Nur Apriyanti, Ketua Umum Pecinta Florikultura Indonesia, menambahkan, pencinta tanaman hias diharapkan tak sekadar menjalankan hobi semata. Namun, hobi tersebut sebaiknya ditingkatkan nilai tambahnya untuk sumber penghasilan baru. Apalagi, tanaman hias tidak membutuhkan lahan yang luas dan bisa dibudidayakan secara vertikal.

“Lewat pameran ini diharapkan bisa mendorong potensi kekayaan tanaman hias Indonesia menjadi lebih populer dan memiliki peluang tinggi di pasar ekspor. Ajang seperti ini diharapkan bisa berkembang dan meningkatkan produksi tanaman hias dalam negeri,” ucapnya. 

BACA JUGA:   Telepon Berbasis IP untuk Produktivitas SDM Hotel

Michael Bayu A. Sumarijanto, Presiden Direktur Dyandra Event Solutions, mengungkapkan, pelaku usaha tanaman hias di Indonesia kebanyakan datang dari sektor usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM). Oleh karena itu, dukungan pemerintah untuk mendorong Indonesia menjadi negara pengekspor tanaman hias terbesar di dunia amat dibutuhkan.

“FLOII Expo 2023 menjadi komitmen kami untuk membangun industri tanaman hias yang berkelanjutan dengan mengedepankan konservasi keanekaragaman hayati dengan praktik terbaik dan inovasi berkelanjutan,” ungkapnya.

Secara keseluruhan, ada lebih dari 150 peserta pameran dari dalam dan luar negeri, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Taiwan, dan Filipina. Pembicara yang merupakan pakar tanaman hias juga akan meramaikan sesi diskusi dan seminar selama penyelenggaraan pameran.

BACA JUGA:   HOMEDEC 2022 Hadirkan Area Khusus Produk Lokal dan UMKM

FLOII Expo 2023 dibuka mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Tiket masuk pameran seharga Rp30.000 per orang atau sebagai tiket harian. Adapun untuk tiket terusan selama empat hari penyelenggaraan, pengunjung cukup membayar Rp100.000 per orang. Tiket dapat dibeli melalui www.floii-expo.com atau langsung di lokasi.