Gara-Gara Corona, LOKET Kebanjiran Event

Friday, 22 May 20 Bonita Ningsih

Hadir sejak tujuh tahun yang lalu, perusahaan teknologi manajemen event LOKET telah berhasil membantu banyak event creator dalam menggelar sebuah acara. Berbagai event yang telah berhasil terlaksana atas bantuan LOKET antara lain dalam bentuk workshop, konferensi, konser musik, dan berbagai event di industri hiburan.

Sejak hadir pertama kali, LOKET hanya fokus untuk membantu event creator dalam membuat event offline. Layanan yang diberikan LOKET berupa end-to-end service, yakni mulai dari pembuatan konsep, persiapan event, mengategorikan tiket, mendistribusikan tiket, memastikan event berjalan lancar, hingga membuat laporan analisis terkait event yang sudah berjalan. Para event creator yang terdiri dari EO maupun promotor dapat memanfaatkan layanan komprehensif ini melalui platform khusus bernama loket.com.

Namun, sejak pandemi COVID-19 menyerang berbagai negara, termasuk Indonesia, LOKET membuat gebrakan terbaru dengan meluncurkan fitur “Online Berbayar”. Fitur yang diluncurkan pada akhir Maret 2020 ini diharapkan dapat membuat para event creator tetap produktif dan terus berkarya di tengah pandemi dengan menyelenggarakan event-event secara online yang dalam pelaksanaannya dibantu oleh tim LOKET.

BACA JUGA:   Bintan Triathlon Targetkan 4.000 Wisman

Menyusul peluncuran fitur terbarunya tersebut, LOKET mulai menghadirkan LOKET Live yang baru diluncurkan pada 19 Mei 2020. LOKET Live merupakan layanan komprehensif dalam satu platform yang mengintegrasikan sistem manajemen tiket dan streaming video dengan dukungan teknologi GoPlay.

Ario Adimas, VP Commercial LOKET, mengatakan, layanan yang diberikan dalam fitur “Online Berbayar” ini sama seperti saat pembuatan event offline. Hanya saja, dalam pelaksanaannya, pihaknya akan membantu menyiapkan halaman event virtual yang memudahkan konsumennya dalam mengakses halaman streaming video.

“Ini inovasi terbaru kami di masa pandemi, semuanya terintegrasi langsung dari mulai ticketing hingga live streaming-nya. Jadi, sekarang makin gampang bagi event creator dalam membuat event dan memudahkan konsumen dalam menyaksikan sebuah acara,” jelas Dimas.

Menurutnya, hingga saat ini, peminat event online di LOKET sudah sangat banyak. Kendati belum bisa menghitung jumlahnya secara keseluruhan, namun dalam satu bulan terakhir ini terjadi lonjakan jumlah pembuatan event online di loket.com hingga 2.000 event. Berbagai pilihan event online tersedia di halaman depan loket.com sehingga memudahkan para konsumen dalam memilih event mana yang ingin ditonton.

BACA JUGA:   BRI Online Travel Fair Targetkan Transaksi Rp5 Miliar

“Mayoritas event online yang berada di halaman loket.com itu workshop atau webinar. Modelnya pun bervariasi, ada event online yang gratis, tetapi ada juga yang melalui tiket berbayar,” kata Dimas lagi.

Sementara itu, layanan LOKET Live yang baru diluncurkan juga sudah memiliki pasar tersendiri. Dimas menyebutkan, event online yang akan digelar melalui layanan LOKET Live sudah mencapai hampir 40 event online hingga akhir Mei 2020.

“Saat ini, event online yang ada di LOKET Live ini berupa konser musik dan festival online. Tetapi, ke depannya layanan ini bisa digunakan untuk berbagai skala event dan tidak terbatas pada jenis event konser musik saja,” ujar Dimas.

BACA JUGA:   IMBEX 2019 Targetkan 40.000 Pengunjung

Sebelum LOKET Live diresmikan, sejumlah musisi ternama Tanah Air telah terlebih dahulu berkesempatan menjajal layanan ini sebagai panggung virtual. Beberapa konser yang sudah pernah digelar ialah konser Erwin Gutawa Orchestra dan Tulus, rangkaian Mostly Jazz Live Online bersama Indra Lesmana dan Dewa Budjana, Konser 7 Ruang bersama Titi Dj dan Tompi, serta lebih dari 20 konser lainnya.

“Ternyata animo masyarakat terhadap konser online ini begitu tinggi ya, ini terlihat dengan penjualan tiket yang mencapai 5.000 tiket. Melihat ini semua, kami optimistis event online akan menjadi new normal yang terus diminati hingga pandemi berakhir,” ucapnya.