Hotel di Bali Jadi Primadona di Traveloka EPIC SALE 2020

Thursday, 19 November 20 Bonita Ningsih
Inaya Putri Bali

Program Traveloka EPIC SALE yang diselenggarakan pada 5-11 November 2020 sukses digelar. Mengutamakan perjalanan domestik, program ini berhasil mengajak masyarakat Indonesia untuk berlibur di dalam negeri dengan mengutamakan protokol Cleanliness, Health, Safety & Environment (CHSE).

Perusahaan teknologi penyedia layanan perjalanan dan gaya hidup berbasis digital ini mencatat telah terjadi peningkatan pemesanan ke destinasi atau kota populer di Indonesia. Dalam hal ini, pengguna lebih banyak melakukan permintaan untuk tujuan staycation, road trip, maupun antar-pulau. Terdapat lebih dari 10.500 mitra yang bergabung dalam program ini berasal dari hotel, penerbangan, makanan-minuman, asuransi, Xperience, bus, rental mobil, hingga antar-jemput bandara.

Shirley Lesmana, VP Marketing Accommodation Traveloka, mengungkapkan bahwa kota dengan tujuan staycation dan road trip yang paling tinggi animonya ialah Jakarta, Puncak, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Malang, dan Surabaya. Sedangkan, untuk perjalanan domestik yang mengedepankan keindahan alam paling banyak permintaannya ke Bali, Labuan Bajo, Lombok, dan Banyuwangi.

Sementara itu, minat pengguna terhadap tempat wisata, hiburan, kesehatan dan kecantikan dari Traveloka Xperience paling banyak mengarah ke Jakarta, Surabaya, Bogor, dan wilayah Jawa Barat lainnya. Kemudian, pengguna terbanyak dari Traveloka Eats berasal dari tiga kota besar Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Untuk produk transportasi, Traveloka mencatat telah terjadi peningkatan permintaan di daerah Jakarta, Bali, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan.

“Meningkatnya minat masyarakat terhadap pemesanan produk Traveloka selama program berlangsung karena banyak penawaran spesial di dalamnya. Saat itu, kami menawarkan potongan harga fantastis hingga 80 persen dengan banyak pilihan produk di dalamnya,” ungkap Shirley.

Menariknya lagi, Bali menjadi pilihan destinasi dengan permintaan paling tinggi untuk produk hotel di Traveloka EPIC SALE 2020. Menurutnya, permintaan produk hotel di Bali meningkat 42 kali lipat dibandingkan saat awal pandemi.

Tingginya permintaan masyarakat terhadap produk hotel di Bali lantaran Traveloka menggandeng 992 mitra di wilayah Bali dan sekitarnya untuk bergabung. Dengan begitu, Traveloka telah berhasil mendorong kemajuan pariwisata Bali karena sudah membantu lebih dari 4.500 pekerja pariwisata di sana melalui program EPIC SALE.

“Bali itu unik sekali dan kami merekomendasikan masyarakat untuk pergi ke sana. Apalagi, saat ini sudah banyak sekali konsumen kami yang merindukan ingin pergi ke Pulau Dewata,” ujar John Safenson, VP of Market Management Traveloka Accommodation.

Selain didukung oleh mitra bisnis dari Traveloka, program ini juga didukung penuh oleh pemerintah. Menurut Shirley, kolaborasi ini menghasilkan inovasi baru untuk mendukung pemulihan industri pariwisata dari dampak pandemi COVID-19.

“Kami sangat berterima kasih dengan semua pihak yang terlibat karena telah memberikan kepercayaannya kepada kami untuk saling bergandeng tangan menghadapi masa sulit ini. Semoga, program ini menjadi kunci untuk menggerakkan kembali sektor pariwisata,” ucap Shirley.