Hunan Autoshow 2020 Nekat Digelar Di Tengah COVID-19

Monday, 04 May 20 Herry Drajat
Hunan Autoshow

Meski pandemi COVID-19 masih melanda dunia, Cina justru berani menggelar pameran otomotif Hunan Autoshow 2020 pada 30 April hingga 5 Mei 2020 di Hunan International Convention and Exhibition Centre. Pameran ini menandakan kembalinya pameran dagang di China dan dunia.

Namun, untuk mengunjungi pameran ini, pengunjung dan panitia harus mengikuti pemeriksaan yang cukup ketat untuk pencegahan dan pengendalian COVID-19, seperti mengenakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan menggunakan hand sanitizer.

Untuk memeriksa pengunjung, panitia melibatkan institusi pemerintah yang khusus melayani kependudukan dan kesehatan serta menggunakan aplikasi WeChat untuk memfasilitasi proses aplikasi pendaftaran. Aplikasi ini akan mengumpulkan data secara real-time, misalnya terkait perjalanan atau interaksi dengan orang-orang yang telah terjangkit COVID-19. Data tersebut kemudian digabungkan dengan data penyebaran dan korban corona milik pemerintah, lalu dianalisis menggunakan big data dan menjadi health code yang berfungsi untuk menentukan apakah orang tersebut bisa bergerak secara aktif atau tidak.

BACA JUGA:   Tujuh Jenama Indonesia Hadir dalam Rangkaian Program New York Fashion Week 

Agar proses pendaftaran berlangsung cepat, panitia telah meminta pengunjung untuk mengajukan health code terlebih dahulu sehingga pemeriksaan fisik dan prosedur keamanan dapat dilakukan secepat dan seefisien mungkin.

Zheng Jianxin, Pejabat Walikota Changsha, mengatakan, omzet pameran Hunan Auto Show diperkirakan melebihi empat miliar yuan. Lebih dari 100 merek mobil dan 600 kendaraan berpartisipasi dalam pameran yang menggunakan venue seluas 60.000 meter persegi ini.

BACA JUGA:   Indonesia Digital Trade Show 2020 Hadirkan 375 Pengusaha Lokal dan UMKM

“Sangat menyenangkan untuk melihat pembukaan pertunjukan dan bahwa otoritas lokal tampaknya bekerja sama dengan mengutamakan higienitas pekerja yang sehat, penerapan physical distancing, gang lebar, dan pintu masuk yang dijaga ketat. Masih terlalu dini untuk mengetahui bagaimana hasil pameran sampai selesai. Namun, ini adalah usaha step by step yang harus diapresiasi, ” ujar Michael Duck, Executive Vice-President Asia, Informa Markets.

Para pelaku industri pameran memperkirakan pelaksanaan pameran tersebut memberikan kemenangan ganda, yaitu dari sisi pencegahan dan pengendalian pandemi, serta pada sisi pembangunan ekonomi dan sosial.

BACA JUGA:   Dyandra Group Siapkan Indonesia ke Expo 2020 Dubai

Hunan Auto Show diselenggarakan oleh komite gabungan dari Asosiasi Produsen Otomotif China, Asosiasi Insinyur Otomotif China, Asosiasi Dealer Otomotif Federasi Industri dan Perdagangan Seluruh Cina, Departemen Perdagangan Provinsi Hunan, Pemerintah Rakyat Kota Changsha, Kantor Konvensi dan Pameran Kota Changsha, serta Biro Perdagangan Kota Changsha.