ICCA Forum Indonesia, Bukti Eksistensi ICCA Indonesia Committee di Mata Dunia

Wednesday, 19 February 20 Harry Purnama
ICCA Forum Indonesia

Resmi dibentuk pada Juni 2019, ICCA Indonesia Committee merupakan suatu komunitas yang dibentuk oleh para anggota ICCA di Indonesia agar Indonesia dilirik dan eksis di antara anggota ICCA lainnya di luar negeri. Tujuan besarnya adalah agar Indonesia lebih sering menjadi tuan rumah perhelatan meeting asosiasi internasional, salah satunya yang sedang diupayakan adalah Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan Annual Meeting ICCA pada tahun 2022.

Untuk membuktikan keseriusannya, ICCA Committee Indonesia akan menyelenggarakan ICCA Forum Indonesia pada tanggal 25 Februari 2019 di JIExpo Convention Centre & Theatre. ICCA Indonesia Forum merupakan forum pertemuan para pelaku MICE dan stakeholder terkait untuk saling berbagi pengetahuan, update tren MICE global, serta ajang networking.

ICCA Indonesia Forum ditargetkan akan dihadiri sekitar 200 peserta yang seluruhnya dari dalam negeri, dengan para pembicara dari luar negeri, antara lain dari Google dan Amazon Web Services.

Raty Ning, Ketua ICCA Indonesia Committee, mengatakan, ICCA Indonesia Forum 2020 diadakan untuk memanfaatkan momentum adanya pemerintahan yang baru untuk mengetahui arah industri MICE dalam lima tahun ke depan. “Kami berharap kegiatan ICCA Indonesia Forum dapat memberikan masukan positif kepada pemerintah agar mendukung promosi Indonesia sebagai destinasi pertemuan asosiasi internasional agar mampu bersaing dengan destinasi MICE global,” ujar Raty.

Sementara itu, Rizki Handayani, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Event) Kemenparekraf, mengatakan, sebagaimana telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) pemerintah bahwa industri MICE telah menjadi salah satu fokus yang harus dikembangkan karena melalui penyelenggaraan event MICE bukan hanya dapat meningkatkan citra pariwisata dan devisa, tapi juga mampu memberikan dampak terhadap pengembangan kapasitas bagi kalangan profesional di Indonesia itu sendiri.

Berdasarkan data ICCA, pada tahun 2018 Indonesia berada di peringkat ke-36 dunia dalam hal jumlah penyelenggaraan asosiasi internasional. Sementara itu, di kawasan Asia Pasifik Indonesia berada di peringkat ke-11, dan di Asia Tenggara peringkat ke-4, di bawah Thailand, Singapura, dan Malaysia.

Beberapa pembicara yang akan hadir di ICCA Forum Indonesia adalah Jason Yeh, CEO GIS Group dan Vice President and Chair of Asia Pacific Chapter ICCA; DR. Dr. Aman B. Pulungan, Sp.A(K), FAAP, FRCPI (Hon.), Presiden Indonesian Pediatric Society; Sarah Markey-Hamm, CEO ICMS Pty. Ltd., Australia; Noor Ahmad Hamid, Asia Pacific Regional Director of ICCA; Tejendar Singh, Client Partner of Facebook, E-commerce and Travel Verticals; serta Gunawan Susanto, Country General Manager of Amazon Web Services Indonesia.