Buah Indonesia Dipamerkan di Fruit Logistica

Wednesday, 19 February 20 Herry Drajat
Fruit Logistica 2020

Fruit Logistica yang berlangsung di Messe, Berlin, Jerman, pada 5-7 Februari 2020 merupakan salah satu pameran buah dan sayuran segar terbesar di dunia. Perhelatan Fruit Logistica 2020 diikuti oleh sekitar 3.300 pelaku usaha hortikultura dari 93 negara dan dikunjungi oleh 78.000 orang. Buyer potensial yang hadir sebagian besar berasal dari negara Balkan, Uni Eropa (Jerman dan Belanda), dan Rusia. Selain itu, ada pula buyer dari Timur Tengah, Vietnam, dan Malaysia.

Indonesia berpartisipasi pada pameran tersebut melalui tiga perusahaan yang merupakan eksportir buah-buahan dan sayuran segar Indonesia ke pasar internasional, yakni PT Nusantara Segar Global  (Java  Fresh), PT Lumbung Pangan Internasional, dan PT Surya Elok Sejahtera. Keikutsertaan Indonesia pada pameran ini merupakan hasil kerja sama Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian serta didukung penuh oleh Duta Besar RI di Berlin, Jerman. Paviliun Indonesia menempati area 24 meter persegi dan berada di hall 26 stan C-04.

“Melalui keikutsertaan Indonesia pada pameran ini, diharapkan dapat meningkatkan jumlah dan frekuensi kontak bisnis antara eksportir dari Indonesia dengan pembeli luar negeri. Relasi ini  diharapkan dapat meningkatkan peran dunia usaha dalam penetrasi pasar dan promosi ekspor,” ujar Oke Nurwan, Sekjen Kementerian Perdagangan.

Pada pameran ini Indonesia berhasil mencatatkan transaksi potensial sebesar US$1,05 juta. Hal ini menunjukkan bahwa produk buah-buahan dan sayuran Indonesia diminati oleh masyarakat dunia.

Halaman : 12