IdeaFest 2018 Menampilkan 180 Pembicara dari Dalam dan Luar Negeri

Thursday, 25 October 18 0 Comments   Herry Drajat
IdeaFest 2018

IdeaFest, sebuah festival yang menampilkan profil-profil kreatif dari dalam dan luar negeri, akan digelar di Jakarta Convention Centre pada 26 dan 27 Oktober 2018. Penyelenggaraan IdeaFest pertama kali dilakukan delapan tahun lalu, digagas oleh Ben Soebiakto, Co-Chairman IdeaFest. Gelaran ini awalnya merupakan festival 2 tahunan, lalu berubah menjadi festival tahunan.

Gelaran tahun 2018 ini merupakan yang ke-6 dan mendapatkan dukungan The NextDev dari Telkomsel sebagai presenting partner, kemudian Astra Indonesia, Bank DBS Indonesia, dan Blibli.com. Turut meramaikan event adalah kehadiran insan kreatif yang namanya sudah dikenal secara internasional, di antaranya adalah Luc Maynard (Creative Executive Walt Disney), Jaeson Ma (Founder East West Artists dan Co-Founder 88Rising), Steve Lillywhite (Grammy Award Music Producer), Ferdy Nandes (Facebook APAC), Will Travis (CEO Elevation Barn, ex-Sidlee), dan Mario Kassar (Hollywood Producer).

Menurut Ben Subiakto, “Menuju hari penyelenggaraan, kami melihat antusiasme sangat tinggi, baik dari para pembicara maupun para #GenerasiC untuk hadir berbagi inspirasi dalam festival kreatif ini. Sesuai dengan tema ‘C’ kami berharap tahun ini IdeaFest dapat membawa Crowd, Content, Connection, Collaboration, serta Creation yang lebih besar dari sebelumnya.”

Dukungan The NextDev pada IdeaFest adalah karena adanya kesamaan visi. The NextDev adalah sebuah ajang pencarian dan pengembangan start up terbaik Indonesia di bidang social impact, yang mengajak generasi kreatif untuk terus mencari inspirasi agar dapat terus berkarya, terutama dengan memanfaatkan teknologi secara optimal sehingga dapat memberikan dampak positif di tengah-tengah masyarakat.

Denny Abidin, General Manager External Corporate Communications Telkomsel, mengatakan, “Telkomsel melalui The NextDev memiliki visi yang serupa dengan IdeaFest. Harapan kami kolaborasi ini dapat membawa semangat perubahan dan memberikan inspirasi kepada generasi kreatif yang lebih luas lagi sehingga pertumbuhan gerakan ekonomi kreatif akan semakin merata hingga ke seluruh penjuru Tanah Air,” tegas Denny.

Peserta yang mengikuti gelaran kali ini sebanyak 700 orang terdiri dari talenta-talenta yang akan menampilkan karyanya. Mereka akan buka stan, berbicara pada kelas-kelas dan konferensi, juga akan mempresentasikan produknya pada pengunjung. “Delapan puluh orang di antaranya adalah para kreator atau born entrepreneur,” ujar Ben.

Rangkaian acara pada IdeaFest di antaranya pada hari Jumat disediakan 75 kelas yang terdiri dari talk show, speech dengan topik 16 sub ektor industri, masing-masing kelas akan diisi oleh 1 atau 2 pembicara, dan pada hari Sabtu akan diadakan konferensi dengan total kursi yang disiapkan sebanyak 2.500 buah. Total pembicara sebanyak 160 orang, 10 di antaranya dari luar negeri.

Ben menargetkan jumlah pengunjung sebanyak 15.000 orang, yang terdiri dari pelaku bisnis industri kreatif, korporat, marketing, serta investor. Harga tiket mulai dari Rp1,1 juta untuk IdeaTalks atau Konferensi hingga Rp1,6 juta untuk 2 Day Pass.