IIMS Virtual 2021 Bangkitkan Gairah Positif di Industri Otomotif

Thursday, 18 February 21 Bonita Ningsih
IIMS Virtual 2021

Indonesia International Motor Show (IIMS) Virtual persembahan Dyandra Promosindo resmi dibuka sore ini. Upacara pembukaan IIMS Virtual dilakukan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto, dan juga Presiden Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh.

IIMS Virtual ini diselenggarakan pada 18-28 Februari 2021 melalui platform digital dengan laman www.indonesianmotorshow.com.

“Kami membuat keputusan untuk menyelenggarakan IIMS secara continue karena ingin fokus dengan gagasan kami, yaitu berkomitmen penuh terhadap industri otomotif Tanah Air,” ungkap Hendra.

Dalam sambutannya, Airlangga mengatakan bahwa IIMS Virtual dapat menjadi sebuah wadah terbaik untuk mendukung industri otomotif di tengah pandemi. Dia menilai bahwa otomotif menjadi industri pengolahan yang berdampak signifikan akibat pandemi, baik dari segi produksi, permintaan dalam negeri, hingga ekspor.

BACA JUGA:   Wishnutama akan Bentuk Deputi Bidang MICE di Kemenparekraf

“Di kuartal 4 2020, utilisasi otomotif kita ini turun menjadi minus 40 persen. Kinerja ekspor juga menurun 66 persen secara kuartal to kuartal. Kontraksi penjualannya pun mengalami minus 31,9 pada bulan Desember 2020,” ujar Airlangga.

Padahal, menurutnya, industri ini memiliki multiplier effect yang besar terhadap perekonomian Indonesia. Terdapat banyak turunan di bawahnya, seperti sektor perdagangan hingga sektor perbengkelan. Oleh karenanya, Airlangga berharap IIMS Virtual 2021 dapat memberikan semangat kepada pelaku otomotif agar dapat bangkit di tengah situasi saat ini.

“Jika industri otomotif bangkit, otomatis pemulihan ekonomi di Indonesia dapat segera pulih. Industri ini juga menyerap banyak tenaga kerja,” ujar Airlangga.

BACA JUGA:   Jember Menjadi Destinasi Fashion

Hal senada juga diungkapkan oleh Menperin Agus yang mengatakan bahwa IIMS Virtual dapat membangkitkan gairah dan minat masyarakat dalam membeli kendaraan bermotor. Agus juga menilai penyelenggaraan IIMS Virtual sangat tepat digelar di tengah kondisi pandemi karena dapat menjangkau audien dari seluruh wilayah Indonesia, bahkan dunia.

Selain itu, acara ini juga memiliki peran strategis dalam membantu pelaku otomotif untuk promosi dan memasarkan produk-produknya. Apalagi, IIMS Virtual kali ini menggandeng Shopee sebagai Official E-commerce Partner sehingga dapat lebih menjangkau banyak pembeli di dalamnya.

“Saya berharap, IIMS Virtual 2021 akan menjadi barometer terbaru dari pameran otomotif bertaraf internasional. Acara ini juga diharapkan dapat memberikan gairah yang positif terhadap industri otomotif tanah air,” kata Agus.

BACA JUGA:   Agrinex Expo 2017 Hadir untuk Memberikan Inspirasi

IIMS Virtual X Shopee diikuti oleh 13 merek roda empat, 7 merek roda dua, produk aksesori dari Perkumpulan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (PAHAMI), serta puluhan brand aftermarket. Beragam program dan promo menarik akan dihadirkan IIMS Virtual selama 11 hari penyelenggaraan.