Indonesia EBTKE ConEx 2023 Hadirkan 90 Pembicara Konferensi

Thursday, 13 July 23 Bonita Ningsih

Indonesia EBTKE ConEx ke-11 tengah digelar pada tanggal 12 hingga 14 Juli 2023 di Indonesia Convention Expo (ICE) BSD, Tangerang. Acara persembahan Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) dan Dyandra Promosindo ini mengangkat isu mengenai energi terbarukan dan didukung penuh oleh berbagai perusahaan di bidangnya.

Mengusung tema ‘From Commitment to Action: Safeguarding Energy Transition Towards Indonesia Net Zero Emission 2060’, acara ini dijadikan wadah pertemuan bagi pemangku kepentingan untuk membangun masa depan energi terbarukan. Sejalan dengan tema yang diusung, Indonesia EBTKE ConEx 2023, diharapkan dapat mendorong pencapaian target net zero emission (NZE) pada tahun 2060.

“Tema ini sangat relevan mengingat banyak komitmen yang sudah dikeluarkan pemerintah Indonesia terkait transisi energi. Di sini, akan banyak kerja sama dengan pihak luar negeri untuk transisi energi sehingga kami dapat menjadikan komitmen pemerintah sebagai tindakan nyata,” kata Ketua Umum METI, Wiluyo Kusdwiharto.

BACA JUGA:   #DiIndonesiaAja Travel Fair Tawarkan Paket Wisata Khusus Domestik

Acara ini menghadirkan serangkaian program menarik seperti konferensi, special sessions, youth programs, pelatihan, podcast, business matching, business presentation, focus group discussion, showcase corner, green job fair, greentech/cleantech startup. Kemudian ada pameran tentang teknologi, kebijakan, dan praktik-praktik solusi terkait energi bersih berkelanjutan. 

Pameran yang dihadirkan menampilkan sebuah inovasi teknologi terkini yang berkaitan dalam bidang energi terbarukan. Di sini, para peserta mendapatkan kesempatan untuk melihat secara langsung teknologi terbaru dalam energi surya, angin, hidro, biomassa, dan energi laut. 

Rangkaian kegiatan Indonesia EBTKE ConEx juga didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam sebuah program vokasi. Acara ini diisi dengan talkshow dari pelaku startup di sektor energi terbarukan serta sesi berbagi oleh para pakar di bidang masing-masing.

BACA JUGA:   Kompas Travel Fair 2018 Diselenggarakan Serentak di 4 Kota

Sementara itu, konferensi yang dihadirkan mengambil topik umum mengenai transisi energi di kancah global dan di Indonesia. Beberapa topik yang dibicarakan dalam konferensi adalah bagaimana tren pengembangan energi terbarukan di tingkat global, termasuk berbagai peluang dalam proyek energi terbarukan, maupun minat generasi muda terhadap isu ini.

Ketua Steering Committee Indonesia EBTKE ConEx 2023, Eka Satria, mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyiapkan lebih dari 90 pembicara terkemuka untuk lebih dari 15 sesi. Pembahasan mengenai transisi energi di Indonesia dikupas secara komprehensif oleh sejumlah pakar di bidangnya. Nantinya, seluruh masukan dan pendapat dirangkum dalam bentuk laporan dan kesimpulan aksi bagi masing-masing pemangku kepentingan.

BACA JUGA:   Membangun Konsep Toleransi di ARCH:ID Conference 2024

“Kami juga ada live streaming untuk konferensi ini agar dapat diakses oleh masyarakat luas. Kami juga mengajak banyak anak muda untuk terlibat aktif mendukung acara ini,” Eka menambahkan.

Bagi masyarakat yang tertarik mengunjungi Indonesia EBTKE ConEx 2023 masih dapat merasakannya satu hari lagi dengan melakukan registrasi gratis melalui laman website www.indoebtkeconex.com. Acara dibuka setiap harinya mulai dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB di Nusantara Hall.