Indonesia Hadirkan Lebih dari 300 Produk UMKM di Expo 2020 Dubai

Tuesday, 28 September 21 Bonita Ningsih

Indonesia tercatat sebagai salah satu negara yang berpartisipasi dalam ajang Expo 2020 Dubai di Uni Emirat Arab (UEA). Acara yang digelar pada 1 Oktober 2021-31 Maret 2022 ini akan menghadirkan Paviliun Indonesia dengan beragam aktivitas di dalamnya.

Paviliun Indonesia dihadirkan dalam sebuah miniatur yang dibangun pada lahan seluas 1.860m2 di Dubai. Tema utama yang akan dihadirkan ke dalam Paviliun tersebut adalah “Creating the Future, From Indonesia to The World”.

“Paviliun Indonesia merupakan miniatur negeri yang menjadi pintu untuk mengenalkan Indonesia pada dunia,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan, Didi Sumedi.

Didi menjelaskan, Paviliun Indonesia akan memamerkan lebih dari 300 produk UMKM siap ekspor termasuk komoditas, kerajinan tangan, interior, tekstil, hingga produk fesyen. Produk lokal yang menjadi kebanggan bangsa Indonesia akan ditampilkan pada sebuah Pameran Warisan Nusantara di Paviliun Indonesia. 

BACA JUGA:   Arief Yahya: Jadikan Bali and Beyond Travel Fair Sebagai Marketplace

Tak hanya itu, Indonesia juga akan memamerkan potensi rempah-rempah, produk turunan berbahan dasar kelapa sawit, hingga warisan kuliner di Expo 2020 Dubai. Melalui pameran ini, Didi, berharap dapat memperkuat visi Indonesia menjadi negara dengan perdagangan terkuat ke-10 di tahun 2045.

Selama enam bulan pameran, Paviliun Indonesia akan menghadirkan 26 tema mingguan dengan lebih dari 75 forum bisnis. Setiap minggunya, Paviliun Indonesia, akan diramaikan dengan kehadiran kementerian, lembaga, pemerintah provinsi, bran Indonesia yang sudah mendunia, dan juga usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

BACA JUGA:   PON XX Papua Gelar Eksibisi E-Sports

Terdapat total 30 partisipan yang akan meramaikan Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai dengan beragam kegiatan secara hibrida. Dengan pembagian berupa 22 dari Kementerian/Lembaga serta 8 dari Pemerintah Provinsi.

“Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak dan diadakannya forum bisnis, diharapkan dapat berpotensi untuk memperkuat ekspor Indonesia,” ucap Didi yang juga merupakan Komisioner Jenderal Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai.

World Expo merupakan ajang ke-3 terbesar di dunia setelah Olimpiade dan Piala Dunia. Setelah sempat tertunda di tahun 2020 akibat pandemi COVID-19, Expo 2020 Dubai akhirnya dapat digelar tahun ini dan diikuti 192 negara dari seluruh dunia. 

BACA JUGA:   Hilton Indonesia dan Weddingku Hadirkan Pameran Pernikahan Virtual

Partisipasi Indonesia dalam Expo 2020 Dubai merupakan yang ke-8 kali dari keikutsertaan di World Expo. Sebelumnya, Indonesia pernah tampil di Milan Italia (2015), Shanghai Tiongkok (2010), Aichi Jepang (2005), Hannover Jerman (2000), Seville Spanyol (1992), Osaka Jepang (1970), serta New York Amerika Serikat (1964). Paviliun Indonesia juga didukung oleh para mitra, yaitu Astra, BPDPKS, Gajah Tunggal, April, Wijaya Karya, dan Indofood melalui sponsorship.