Indonesia Hadirkan Platform Kolaborasi ASEAN-Indo-Pacific Forum

Thursday, 24 August 23 Bonita Ningsih

Pemerintah Indonesia akan menyelenggarakan ASEAN-Indo Pacific Forum (AIPF): Implementation of the ASEAN Outlook on the Indo-Pacific. Flagship event keketuaan ASEAN Indonesia 2023 ini akan diselenggarakan pada 5-6 September 2023 di Hotel Mulia, Jakarta.

Forum perdana ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama dan kolaborasi inklusif antara negara-negara ASEAN dengan mitra di Kawasan Indo-Pasifik. Dengan harapan, dapat menjadikan ASEAN sebagai epicentrum of growth.

AIPF juga berfungsi sebagai platform bagi sektor publik, BUMN, dan swasta dari negara anggota ASEAN dan mitra eksternal ASEAN untuk terlibat dalam diskusi yang konstruktif. Nantinya, diskusi tersebut diharapkan dapat menghasilkan proyek konkrit dan juga meningkatkan kolaborasi di kawasan Indo-Pasifik.

BACA JUGA:   Visit Beautiful West Sumatra 2023 Hadirkan 85 Event Dalam Setahun

Tak hanya itu, AIPF diharapkan dapat menjadikan kawasan Indo-Pasifik sebagai kawasan yang lebih terintegrasi erat dan saling terhubung melalui kolaborasi yang inklusif. Sehingga pada gilirannya, dapat berkontribusi pada perdamaian, keamanan, stabilitas dan kemakmuran di kawasan.

Digelar bersamaan dengan KTT ASEAN ke-43 dan KTT Asia Timur, seremoni pembukaan AIPF akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia dan para pemimpin negara-negara anggota ASEAN. Sejumlah Kepala Negara/Pemerintahan juga akan menjadi pembicara kunci dalam acara ini. 

BACA JUGA:   Canon PhotoMarathon Jakarta Tawarkan Hadiah Ratusan Juta Rupiah

Acara dua hari ini juga akan dihadiri oleh para pemimpin dan perwakilan dari badan keuangan internasional dan organisasi internasional.

Selama acara berlangsung, terdapat ragam diskusi panel dan talkshow dari para pimpinan industri dan eksekutif serta para ahli. Rangkaian acara AIPF juga akan dimeriahkan dengan pameran proyek dan juga pertemuan business matching.

AIPF diselenggarakan sebagai implementasi konkrit dari ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) yang diadopsi negara-negara anggota ASEAN pada tahun 2019. AOIP adalah inisiatif yang bertujuan memperkuat arsitektur regional yang inklusif. 

BACA JUGA:   Kesiapan Sektor Event Dan MICE di Era New Normal

AOIP juga dimaksudkan untuk mendorong kolaborasi ketimbang rivalitas. Ajang ini juga dapat memperkuat kerja sama win-win dan menangkap peluang yang ada di kawasan Indo-Pasifik.