Indonesia Licensing Expo 2023 Siap Digelar di Jakarta Selama 4 Hari

Monday, 09 October 23 Bonita Ningsih

Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) kembali menggelar pameran Indonesia Licensing Expo (ILE) 2023 untuk ketiga kalinya di JIExpo Kemayoran, Jakarta, pada tanggal 11-14 Oktober 2023. Acara ini diharapkan dapat mendukung program-program pemerintah seperti Gerakan Merek Lokal Indonesia dan Bangga Buatan Indonesia (BBI).

ILE di Jakarta menjadi tempat road show terakhir yang diselenggarakan ASENSI di tahun 2023 ini. Sebelumnya, ILE 2023, telah sukses digelar di Kota Surabaya pada bulan Juni dan Bali pada September. 

Ketua Umum Asosiasi Lisensi Indonesia, Susanty Widjaya, mengatakan bahwa ILE merupakan pameran lisensi, franchise atau waralaba, kemitraan, dan peluang usaha di Indonesia. ILE didukung penuh oleh kementerian lembaga salah satunya  adalah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag).

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Isy Karim, mengatakan bahwa untuk menjaga konsistensi pertumbuhan ekonomi domestik dibutuhkan peran dan dukungan dari kewirausahaan. Oleh sebabnya, ia mengapresiasi ASENSI yang secara konsisten dan berkelanjutan memberikan kontribusi untuk pembangunan nasional khususnya lisensi, waralaba, dan merek lokal.

BACA JUGA:   World Water Forum 2024 Promosikan Pariwisata Bali ke Panggung Global

“Sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo, bangsa Indonesia akan mengalami pertumbuhan ekonomi jika wirausaha diberikan peluang untuk mengembangkan usaha. Kami berkomitmen mendukung pengembangan kewirausahaan nasional untuk mengejar target pertumbuhan rasio kewirausahaan pada 2024 agar mencapai 4 persen,” jelasnya.

Susanty mengatakan bahwa pertumbuhan bisnis lisensi dan waralaba di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan beberapa tahun ini. Demikian pula peningkatan kesadaran pelaku terhadap pentingnya perlindungan HKI di Indonesia juga meningkat pesat sejak 2019 lalu. Hal ini terbukti dengan jumlah merek terdaftar di tahun 2022 berkembang secara pesat dari 72.211 merek menjadi lebih dari 2 juta.

Mengusung tagline Let’s Rise Up Together, Together We Rise Up!, acara ini bertujuan untuk membangkitkan kembali semangat para pelaku usaha usaha, UMKM, lisensi, franchise, waralaba merek lokal maupun nusantara. Pameran ini juga mengajak masyarakat dan para pelaku untuk berinvestasi dalam bisnis lisensi, waralaba, serta peluang usaha untuk menggiatkan perekonomian Indonesia.

BACA JUGA:   Lebih dari 120 Exhibitor Hadir di Deep and Extreme Indonesia 2024

“Kami juga mendorong pelaku-pelaku bisnis lisensi seperti Intellectual Property, waralaba merek lokal dan internasional untuk terus dapat tumbuh berkembang. Tidak hanya untuk melayani kebutuhan pasar dalam negeri, melainkan juga untuk merambah ke pasar luar negeri dan bersaing di pasar global,” ungkap Susanty.

Daud D Salim, CEO IMEI Krista Exhibitions, mendukung penuh penyelenggaraan the 3rd ILE 2023 Jakarta mengingat saat ini pertumbuhan bisnis di industri tersebut tengah meningkat. Peningkatan tersebut sejalan dengan tingginya permintaan dari masyarakat untuk bergabung dalam bisnis lisensi maupun waralaba. 

BACA JUGA:   Pameran Pro AVL Indonesia 2023 Hadirkan Peserta dari 10 negara

“Acara ini diharapkan dapat memberikan optimisme dan semangat bahwa lisensi dan waralaba adalah bisnis yang kuat dan berkesinambungan,” Daud menambahkan.

Melalui acara ini, masyarakat dapat menambah ilmu dan berkonsultasi terkait bisnis lisensi dan waralaba di Indonesia. Pameran ini juga membantu mempertemukan pemilik usaha (pewaralaba) dan calon pewaralaba dalam menciptakan koneksi, membangun komunikasi, dan menemukan peluang untuk berwirausaha.

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung langsung ke pameran Indonesia Licensing Expo dapat melakukan registrasi terlebih dahulu secara online. Nantinya, masyarakat yang ingin berkunjung ke pameran tidak akan dikenakan biaya tiket masuk alias gratis.