Industri Kecil Menengah Indonesia Berjaya di Pameran Ambiente

Tuesday, 18 February 20 Bonita Ningsih

Indonesia kembali menuai prestasi gemilang di ajang internasional. Kali ini, prestasi tersebut didapat dari pameran Ambiente di Messe Frankfurt, Jerman, pada 7-11 Februari 2020. Delapan Industri Kecil Menengah (IKM) yang bergabung di pameran tersebut mampu mengantongi transaksi sebesar US$1,57 juta.

Pameran Ambiente merupakan pameran dagang terkemuka dunia yang memamerkan beragam barang rumah tangga, seperti elemen interior penghias rumah. Pameran ini memengaruhi tren industri barang konsumen, khususnya tren desain interior.

Gati Wibawaningsih, Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian, menjelaskan, di tahun ini minat buyer pada produk IKM asal Indonesia terbilang cukup tinggi. Bahkan, selama pameran berlangsung, para IKM yang bergabung di pameran ini mendapatkan sekitar 102 kontrak dagang dari 37 negara.

“Mereka semua juga membukukan berbagai pesanan dan penjualan yang akan ditindaklanjuti setelah pameran berakhir,” kata Gati seperti yang dikutip dari antaranews.

Lebih lanjut Gati mengungkapkan bahwa pameran Ambiente menjadi ajang promosi penting di Jerman dan Eropa untuk berbagai produk consumer goods. Nantinya, produk Indonesia akan dikenal dunia dan menghasilkan nilai ekonomi cukup baik bagi para IKM di Indonesia.

“Dalam lima tahun terakhir, Paviliun Indonesia mencatatkan kenaikan nilai transaksinya hingga 113 persen. Tentunya hal ini capaian yang sangat membanggakan, yang menunjukkan peningkatan kemampuan IKM Indonesia di pasar global,” ujar Gati.

Pada saat penyelenggaraan, KBRI Berlin bekerja sama dengan KJRI Frankfurt juga menyelenggarakan gathering bertajuk Indonesia Business Gathering. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan bisnis para pelaku usaha Indonesia dan Jerman.

Dalam kegiatan ini, para pengusaha Indonesia berkesempatan untuk membangun jejaring dan kontak bisnis dengan sejumlah perusahaan dari negara lain, seperti Jerman, Prancis dan Jepang. Beberapa peserta Indonesia mengatakan di acara serupa tahun lalu, kegiatan ini telah berhasil mendapatkan orderan besar dan masih berlanjut hingga saat ini, bahkan beberapa waktu ke depan.

“Di acara tersebut, kami juga telah menyampaikan informasi mengenai keunggulan dan kualitas produk Indonesia. Kami juga mengajak para pelaku usaha Jerman untuk terus meningkatkan hubungan bisnis dengan Indonesia,” ucap Gati.