Jakarta Fair ke-55 Siap Digelar, Hadirkan 2.550 Peserta Pameran

Friday, 07 June 24 Bonita Ningsih

PT Jakarta International Expo (JIExpo) kembali menyelenggarakan Jakarta Fair untuk ke-55 kalinya. Pameran akbar ini akan diselenggarakan pada tanggal 12 Juni hingga 14 Juli 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. 

Jakarta Fair telah menjadi ajang pameran dan hiburan terbesar se-Asia Tenggara yang selalu dinantikan oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Jakarta Fair akan menjadi arena festival dan pameran perdagangan terbesar yang merupakan etalase ajang promosi berbagai produk unggulan.

Setiap tahunnya, Jakarta Fair, akan menghadirkan nuansa baru dan program acara yang lebih menarik dari penyelenggaraan sebelumnya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pihak penyelenggara akan memaksimalkan seluruh area JIExpo sebagai tempat penyelenggaraan.

“Kami akan gunakan semua lahan yang ada di JIExpo mulai dari depan hingga Gambir Expo. Bahkan, selasar dan gangway juga akan kita isi penuh,” kata Ralph Scheunemann, Marketing Director JIExpo saat press conference Jakarta Fair di Jakarta pada tanggal 6 Juni 2024.

Dengan memaksimalkan area tersebut, Jakarta Fair Kemayoran 2024, akan diikuti oleh 2.550 peserta pameran yang terdiri dari 1.550 stan. Mereka berasal dari berbagai skala usaha baik perusahaan multinasional, usaha besar, menengah, dan kecil, BUMN, serta anjungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dari berbagai penjuru tanah air. 

BACA JUGA:   Podomoro University Hadirkan Pesona Soto Nusantara 2023

“Ini akan menjadi ajang pameran multiproduk terbesar dengan area pameran yang sangat strategis dan mudah diakses. Event ini juga diharapkan akan menjadi tujuan utama wisata berbelanja serta berlibur bagi masyarakat,” ungkapnya lagi.

General Manager JIExpo, Oki Setiawan, mengatakan bahwa peserta pameran dibagi ke dalam beberapa komposisi yaitu 60 persen dari sektor swasta dan 40 persen UMKM. Jakarta Fair 2024 juga akan melibatkan pengusaha kecil, mikro, dan koperasi dari berbagai Provinsi di Indonesia yang tersebar di seluruh area pameran khususnya Hall-B3 dan Hall-C3.

Peserta pameran akan memamerkan produk dari berbagai sektor industri seperti otomotif mobil, sepeda motor, gadget, komputer, alat olah raga, fashion and garment. Ada juga dari perlengkapan rumah tangga, furniture, barang-barang elektronik, kuliner, industri kreatif, kerajinan tangan, herbal & medicine, perbankan, produk jasa, kosmetik, dan lain-lain.

BACA JUGA:   Tantangan Industri MICE dan Pariwisata di Era Disrupsi

Pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah titik area kuliner yang dapat ditemui dengan mudah oleh para pengunjung. Ada Food Court Hall E, Pasar Malam di dekat pintu masuk i, area Kuliner yang berlokasi di belakang Hall D, sajian kuliner khas Betawi, hingga stan produk makanan yang tersebar di area open space Jakarta Fair Kemayoran.

Seluruh kegiatan tersebut juga mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta karena Jakarta Fair dianggap sebagai rangkaian kegiatan HUT DKI Jakarta. Marulina Dewi, Kepala Biro Kerja Sama Daerah Provinsi DKI Jakarta, mengatakan bahwa Jakarta Fair kali ini dalam rangka memeriahkan ulang tahun Jakarta ke-497 sekaligus merayakan usia ke-55 Jakarta Fair. 

“Kami sungguh berbangga selama 55 kali Pemprov DKI Jakarta selalu bekerja sama dalam menyelenggarakan acara annual ini. Kami selalu dukung penuh acara ini karena mampu memberikan kontribusi ekonomi yang besar bagi Pemprov DKI Jakarta,” ucap Dewi. 

BACA JUGA:   GATF Memprioritaskan Promosi Wisata Domestik

Selain itu, Jakarta Fair, juga turut berkontribusi dalam menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Para pelaku usaha tanah air juga terbantu dengan menghadirkan produk-produk terbaiknya selama acara berlangsung.

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Jakarta Fair Kemayoran 2024 dapat membeli tiket masuk mulai dari Rp40.000 hingga Rp60.000 per orang. Dengan jam operasional mulai dari pukul 15.30-22.00 WIB setiap Senin hingga Jumat dan 10.00-22.00 WIB Sabtu dan Minggu.