Jakarta Fashion Trend 2023 Hadirkan Busana Etnik Kontemporer Hingga Syar’i

Wednesday, 11 January 23 Bonita Ningsih

Indonesian Fashion Chamber (IFC) Jakarta Chapter kembali menyelenggarakan Jakarta Fashion Trend (JFT) pada tanggal 11-12 Januari 2023 di Soehana Hall, The Energy Building, SCBD Jakarta. Acara ini bertujuan untuk mengangkat potensi Indonesia, khususnya DKI Jakarta, sebagai salah satu pusat trend mode global.

Hadir sejak tahun 2018, JFT merupakan salah satu bentuk tanggung jawab IFC Jakarta Chapter untuk memajukan dunia mode khususnya di Jakarta. Setiap tahunnya, event ini menampilkan koleksi terbaru dari para fashion designer DKI Jakarta dan guest designer dari daerah lain di Indonesia. Tujuannya adalah sebagai prediksi arah trend mode yang akan terjadi pada tahun tersebut.

Taruna Kusmayadi selaku Advisory Board IFC mengatakan bahwa JFT tercipta atas gagasan dari para pentahelix yaitu pemerintah, akademisi, asosiasi, komunitas, hingga media. Tahun ini, perwakilan pemerintah yang mendukung acara ini adalah Bank Indonesia, kemudian IFC menjadi perwakilan asosiasi, dan juga dukungan media. Sedangkan komunitas diwakilkan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan juga akademisi yang diwakilkan oleh Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

BACA JUGA:   Jakarta Fashion Trend 2023 Gabungkan Fashion, Beauty, dan Nature

“Secara tidak langsung acara ini menjadi sebuah tempat bertemunya para pentahelix karena mereka semua terlibat di dalamnya. Dengan demikian diharapkan acara ini dapat lebih besar dan berkembang lagi ke depannya,” ungkap Una begitu sapaan akrabnya saat konferensi pers JFT pada 11 Januari 2023.

Pada penyelenggaraan JFT 2023, koleksi busana yang ditampilkan memperlihatkan fragmen perkembangan trend dan gaya busana Indonesia mulai dari busana etnik kontemporer, urban wear, kids wear, modest wear, dan busana muslim syar’i. Busana-busana tersebut mengangkat konten lokal dan mengacu pada tren global, termasuk isu sustainable fashion yang tengah menjadi perhatian dunia.  

Hannie Hananto, Ketua Indonesian Fashion Chamber (IFC) Jakarta Chapter, menjelaskan JFT 2023 akan menampilkan Fashion Parade hasil karya fashion designer yang telah terkurasi. Terdapat 62 karya fashion designer dari IFC, 12 fashion designer syar’i, 11 brand kids fashion. Ada juga 11 brand atau fashion designer dari 11 kota di seluruh Indonesia, yaitu Jambi, Kediri, Kalimantan Utara, Sumatra Barat, Bandung, Yogyakarta, Maluku, Sibolga, Semarang, Surabaya dan Malang.

BACA JUGA:   Promosi Pariwisata Bersama CPTA

“Tahun ini kami mengangkat slot brand anak-anak dengan harapan dapat berkembang di tengah busana dewasa,” ujar Hannie pada kesempatan yang sama.

Pagelaran JFT 2023 hari pertama menampilkan serangkaian fashion show mulai dari pukul 13.00 hingga 20.30 WIB. Peragaan busana diawali dengan koleksi Hannie Hananto, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi Presents Bima Zikwan, Kursien Karzai, Vielga X Batik Minang, Monika Jufry, Ichwan Thoha, Rengganis, NY by Novita Yunus. Kemudian disusul Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri Presents Wignyo, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara Presents Wignyo, dan Fomalhaut Zamel.

Seiring dengan maraknya industri modest wear termasuk modest syar’i di Indonesia, JFT 2023 turut memberikan sorotan pada koleksi busana tersebut. Di hari pertama hadir koleksi dari Atkia Hijab, Yodizein Syari Indonesia, Syafeera Syari, Miwri, Nha Miranda, Bungas, Mustbe Hijab, Hawa Design, Mahagaya Premium, Laila Ghani, Ulya Hijab, dan Khanza Maryam.

Lalu pada Fashion Parade sesi ketiga diikuti oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Presents Wignyo, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga Presents Wignyo, Fenny Saptalia, Ina Priyono, Saffana, dan Iyonono. Selain itu, ditampilkan kolaborasi antara brand atau fashion designer dengan produsen kosmetik dan jamu, yaitu Najua Yanti X Vermint, Lenny Agustin X Bioaqua, Chaera Lee X Vlagio, IFC Jakarta Designers X Mustika Ratu.

BACA JUGA:   Indonesia International Wedding Festival 2020 Batal Dilaksanakan

Rangkaian fashion show pada hari pertama ini ditutup dengan karya-karya dari Kayo by Fey Kayo, Albarizk, Dechantique by Ning Santoso, Zahwazee, Shaza by Adelina, Althafunissa Syari, Polre X Ichwan Thoha & Team, Rineereo X Batik Betawi Terogong, dan Rosemalina X Sofie.

Bagi masyarakat umum yang ingin menyaksikan kegiatan Jakarta Fashion Trend (JFT) 2023 dapat dilakukan secara daring melalui siaran langsung di kanal Instagram Live dan Youtube @jakartafashiontrend.