JFW 2023 Perkenalkan 2 Fashion Brand Asal Korea Selatan

Monday, 03 October 22 Bonita Ningsih

Pekan mode tahunan di Indonesia, Jakarta Fashion Week (JFW), kembali diselenggarakan secara luring pada 24-30 Oktober 2022 di Pondok Indah Mall 3. JFW 2023 dijadikan ajang pengakuan terhadap industri fesyen Indonesia, baik dari pelaku dan fesyen, sektor ekonomi kreatif, industri terkait, para fashion enthusiast, dan masyarakat.

Svida Alisjahbana, CEO GCM Group yang merupakan Chairwoman JFW, mengatakan bahwa JFW 2023 menjadi pelaksanaan ke-15 dengan mengusung tema Fashion Reformation. Tema tersebut menyiratkan semangat regenerasi di industri mode tanah air, sekaligus menjadi bentuk perayaan kreativitas dan kebangkitan para insan mode setelah melalui masa pandemi.

Ia mengatakan, JFW 2023 mendapatkan sambutan positif dan dukungan dari  berbagai pihak mulai dari sponsor, partner lokal, internasional, serta masyarakat umum. Sejumlah organisasi internasional yang memeriahkan JFW 2023 adalah ialah Australian Embassy Jakarta, Institut Français Indonesia (IFI), Korea Content Creative Agency (KOCCA), serta Korea Foundation for International Culture Exchange (KOFICE) dari Korea Selatan.

BACA JUGA:   Wisman Milenial Mencapai 50 Persen dari Total Kunjungan

“Dukungan tersebut kami jadikan suntikan semangat agar pelaksanaan JFW yang kembali diadakan secara luring ini bisa sesukses tahun-tahun sebelumnya,” ujar Svida.

KOCCA merupakan lembaga ekonomi kreatif di Korea Selatan yang akan mendukung pelaksanaan JFW 2023. Sebagai bentuk kerja sama dengan JFW 2023, KOCCA akan memperkenalkan dua fashion brand asal Korea Selatan yaitu Doucan dan Saint Ego.

Doucan merupakan brand pakaian wanita premium dari desainer Choi Chunghoon. Sementara, Saint Ego merupakan brand pakaian pria dari desainer Kim Young Hoo.

BACA JUGA:   Agrofood Expo ke-21 Semakin Memperkuat Ekosistem Pelaku Usaha Pertanian

“KOCCA juga akan memperkenalkan fashion Indonesia ke publik Korea Selatan lewat karya-karya dari Monique Natalia Soeriaatmadja dari Soe Jakarta dan Anandia Putri Harahap dari IKYK di Fashion Code 2023 pada tanggal 6-8 Oktober mendatang,” jelas Kim Young Soo, Regional Director KOCCA Indonesia.

Tak hanya itu, JFW 2023, juga secara konsisten menjalin relasi bersama Istituto Marangoni dalam penganugerahan beasiswa kursus mode. Beasiswa tersebut rencananya akan diberikan kepada para pemenang kompetisi Lomba Perancang Mode Menswear, Lomba Perancang Aksesori, serta Fashion Force Awards kategori Ready To Wear & Accessories.

Seperti pekan mode dunia lainnya, JFW 2023 tak hanya menjadi barometer tren fesyen, tapi juga tren kecantikan. Oleh sebabnya, dukungan tak hanya datang dari pelaku fesyen, tapi juga industri kecantikan. Sejumlah brand kecantikan yang terlibat di JFW 2023 adalah Make Over, Wardah, L’Oréal Professionnel, dan Artisan Pro.

BACA JUGA:   Jakarta Fashion Week Digelar Luring di Pondok Indah Mall

JFW 2023 akan berlangsung selama sepekan penuh dengan 4 hingga 5 jadwal pertunjukan mode yang imersif setiap hari. Rangkaian fashion show akan digelar secara offline dan disiarkan secara online melalui kanal www.jfw.tv. Sejumlah koleksi istimewa dapat langsung dibeli dengan fitur see now buy now via Fashionlink di PIM 3 dan Lazada.