Kupas Tuntas Wisata Insentif di The 5th MICE Discovery

Tuesday, 08 May 18   15 Views   0 Comments   Herry Drajat
MICE Discovery Wisata Insentif
Foto: Venuemagz/Herry

Dalam rangka Dies Natalies Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti yang ke-49, mahasiswa Diploma 4 Jurusan Usaha Perjalanan Wisata angkatan 2014 Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti mengadakan seminar MICE Discovery dengan tema “Incentive Travel: Necessity Beyond Luxury”. MICE Discovery yang terdiri dari seminar dan pameran telah sukses diadakan selama empat tahun berturut-turut sejak 2015. MICE Discovery edisi kelima ini diadakan pada 7 Mei 2018 di Auditorium STP Trisakti.

MICE Discovery kali ini bertujuan memberi edukasi kepada para peserta mengenai wisata insentif, peluang wisata insentif di Indonesia, dan hal apa saja yang harus disiapkan untuk memasuki bisnis wisata insentif. Adapun tiga pembicara yang dihadirkan adalah Sudarno, SE., M.Si, Akademisi dan Asesor MICE; Reitha Fariza Hanividya, SE, Kepala Sub Bidang Olahraga dan MICE Kementerian Pariwisata; dan Ida Bagus Lolec, Director of External Relations Pacific World Nusantara. Acara ini dimoderatori oleh Monalisa Eka Shinta, S.ST., M.Par.

Dalam paparannya, Sudarno mengingatkan bahwa SDM MICE di Indonesia belum 100 persen siap untuk menghadapi persaingan. Untuk itu, diperlukan sertifikasi MICE agar SDM MICE memiliki nilai kompetitif dan memperoleh pengakuan kompetensi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Sementara itu, Reitha Fariza menjelaskan bahwa destinasi MICE yang lebih bersifat bisnis memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan destinasi wisata leisure, sementara fokus pengembangan destinasi pariwisata diarahkan pada 10 Destinasi Pariwisata Prioritas yang merupakan destinasi leisure. Ia berharap 10 Destinasi Pariwisata Prioritas tersebut juga memenuhi kriteria sebagai destinasi MICE.

Sebagai pembicara terakhir, Ida Bagus Lolec lebih banyak menceritakan pengalaman saat menangani wisata insentif dari korporat kelas dunia, salah satunya adalah Unilever. Lolec juga memberikan juga tips-tips praktis untuk mengadakan event serta bagaimana cara melibatkan masyarakat sekitar agar dapat meminimalisir biaya.

Seminar MICE Discovery edisi kelima ini dihadiri sekitar 450 peserta yang terdiri dari siswa dan siswi SMK, mahasiswa dan mahasiswi, guru, dosen, serta profesional di bidang EO, PEO, dan PCO. Acara ini juga dimeriahkan dengan hiburan dari Unit Kegiatan Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti (TIIAT, GSP, TRADE, Home Band STPT) yang menampilkan musik kolintang, paduan suara, serta tari tradisional.