Lembata Siap Menggelar Festival 3 Gunung

Tuesday, 08 May 18   21 Views   0 Comments   Venue
Festival 3 Gunung

Kabupaten Lembata terus bersolek membangun sektor pariwisata. Eliaser Yentji Sunur, Bupati Kabupaten Lembata, mengatakan, pariwisata berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2017-2022 merupakan sektor unggulan yang dibangun dan dikembangkan bagi perekonomian masyarakat.

Salah satu upaya merealisasikan program tersebut, Pemerintah Kabupaten Lembata akan menggelar Festival 3 Gunung yang akan digelar pada 22-29 September mendatang. Peluncuran Festival 3 Gunung dilaksanakan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta pada 7 Mei 2018.

“Peluncuran Festival 3 Gunung Lembata 2018 merupakan momentum dalam upaya menarik wisatawan sebanyak mungkin ke Lembata,” ujar bupati yang akrab disapa Yance ini.

Penyelenggaraan Festival 3 Gunung tahun ini merupakan kegiatan perdana event yang rencananya akan digelar setiap tahun. “Ini merupakan salah satu upaya mempromosikan potensi dan kekayaan sektor pariwisata Lembata, baik alam maupun budaya masyarakatnya,” ujar Yance.

Lebih lanjut Yance mengungkapkan, Festival 3 Gunung ini akan mengenalkan keunikan tiga gunung yang ada di Lembata, yakni Ile Batutara, gunung berapi aktif yang mengalami letusan setiap 20 menit sekali yang dapat disaksikan dari jarak dekat. Kemudian ada Gunung Ile Lewotok yang memiliki kawah di puncak yang luas dan berpasir putih yang aman untuk beraktivitas. Yang ketiga adalah Gunung Ile Werung yang memiliki gua yang menembus hingga ke tepian pantai.

Penulis: Erwin Gumilar