LOKET Hadirkan Festival Literasi Investasi Cuan Festival

Monday, 15 November 21 Bonita Ningsih

Perusahaan penyedia teknologi event dan entertainment dari Gojek, LOKET, menyelenggarakan festival literasi investasi bernama Cuan Festival secara virtual. Dalam acara ini, LOKET bekerja sama dengan Investment Education yang merupakan sebuah komunitas edukasi dan literasi saham di Indonesia.

Cuan festival bertujuan untuk menjawab kebutuhan konten edukasi online mengenai saham yang terus meningkat. Namun, literasi saham yang dimiliki masyarakat Indonesia masih terbilang rendah yaitu di angka 4,92 persen. Data tersebut berdasarkan Survei Nasional Literasi Keuangan Indonesia oleh OJK di tahun 2019.

Tingginya minat masyarakat terhadap edukasi saham dapat dilihat dari hasil penjualan tiket yang diperoleh LOKET. Berdasarkan data internal Loket, tercatat lebih dari 50.000 tiket terjual selama tahun 2021 untuk event bertema edukasi investasi. Bahkan, beberapa event serupa pernah menjual lebih dari 2.000 tiket dalam waktu singkat.

Vice President Loket.com and GoTix, Anvid Erdian mengatakan sejak didirikan tahun 2013, pihaknya terus berinovasi menghadirkan kegiatan di industri event dan entertainment. Bahkan, dalam dua tahun terakhir ini, Loket telah menjadi rumah bagi ribuan event virtual di Indonesia.

Sementara itu, Cuan Festival hadir karena melihat antusiasme dari para event creator dan konten kreator terhadap edukasi saham serta investasi. Dengan begitu, acara ini diharapkan dapat menjadi wadah berkualitas bagi para pencari event edukatif sekaligus menginspirasi event creator baru dari kalangan investor untuk berani memulai event di Loket.com.

Founder Indonesia Investment Education (IIE), Rita Effendy, mengatakan acara ini menjadi kesempatan emas bagi event creator seperti IIE untuk membagi pengetahuan dan insight kepada  masyarakat. Ia berharap Cuan Festival yang dihadirkan bersama LOKET ini dapat menjadi wadah edukasi publik terkait bidang investasi dan saham secara berkelanjutan.  

“Dari berbagai interaksi IIE dalam kegiatan edukasi selama ini, kami melihat investor pemula dari kalangan anak muda mendominasi tren investor saham Indonesia. Mereka memiliki interest yang sangat kuat untuk belajar hal baru seperti investasi saham, tetapi, masih banyak yang ikut-ikutan teman atau terbawa tren Fear of Missing Out (FOMO). Oleh sebab itu, kami hadirkan Cuan Festival sebagai wadah belajar mereka,” jelas Rita.

Cuan Festival menghadirkan berbagai materi edukasi oleh pakar dan analis saham yang mumpuni. Ada tiga kategori utama materi yang akan dibawakan yaitu pengenalan analisis fundamental dan analisis, perencanaan keuangan, serta tren industri dari berbagai sektor.

Acara ini dibuka untuk umum dan dilaksanakan secara langsung melalui platform GoPlay. Cuan Festival hadir setiap Sabtu dan Minggu di tanggal 13, 14, 20, dan 21 November 2021.

Bagi masyarakat yang tertarik mengikuti Cuan Festival dapat mendaftar melalui Loket.com atau layanan GoTix di aplikasi Gojek. Cuan Festival menawarkan tiket masuk full access seluruh sesi selama empat hari dengan harga Rp199.000. Pembayaran tiket dapat dilakukan dengan GoPay, QRIS, transfer bank, kartu kredit/debit, dan di Indomaret.