MUFFEST 2019 Bawa Indonesia Menjadi Pusat Fashion Muslim Dunia

Friday, 03 May 19 Herry Drajat
MUFFEST 2019

Perhelatan Muslim Fashion Festival Indonesia (MUFFEST) 2019 dengan tema “Singularity” telah berlangsung pada 1-4 Mei 2018 di area Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC). Acara yang telah memasuki tahun keempat ini dibuka oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia Airlangga Hartarto.

Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa Indonesia berpeluang untuk unjuk gigi di industri fashion global, apalagi Indonesia juga merupakan runner-up negara yang mengembangkan fashion muslim terbaik di dunia setelah Uni Emirat Arab. “Semoga dengan adanya kegiatan ini, industri fashion muslim tumbuh signifikan dan Indonesia semakin siap menjadi salah satu pusat fashion muslim dunia,” ujar Airlangga.

Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC), mengatakan, “Untuk mengembangkan industri fashion muslim Indonesia harus dilakukan bersama-sama dan membutuhkan komitmen kontribusi dari berbagai pihak. Melalui ajang MUFFEST diharapkan seluruh pihak dan stakeholder terkait dapat saling bersinergi dan terintegrasi dalam menjalin kerja sama yang sinergis dan berkelanjutan untuk memperkuat pelaku industri fashion muslim di Tanah Air guna mengantarkan Indonesia menjadi pusat fashion muslim global.”

MUFFEST 2019 akan menghadirkan pameran dagang ritel atau B2C dan mengarah pada B2B, rangkaian fashion show yang menampilkan keragaman gaya busana muslim di Indonesia sesuai Indonesia Trend Forecasting (Muslim Fashion Trend) 2019/2020, dan dilengkapi kegiatan inspiratif lainnya, seperti fashion presentation, talk show, dan seminar.

Berbagai program kompetisi juga kembali digelar tahun ini, yaitu Elzatta x Modest Young Designer Competition (MYDC) supported by Asia Pacific Rayon, Wardah NEXT FACE MUFFEST 2019, dan Wardah Make Up & Hijab Do Competition 2019.

Salah satu rangkaian acara pada hari pertama adalah partisipasi IFC yang menampilkan parade karya sejumlah desainer yang tergabung di dalamnya, seperti Emmy Tee, Wignyo yang didukung oleh Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sulawesi Tenggara, Inali.co by Lisa Fitria & Ina Priyono, Anggia Handmade, Iffah M Dewi X Kaji Habe, Putri Rizkia, Amres Art, Lanny Amborowati, Anggie Rachmat, La Rose Syar’i by Najua Yanti, Chaera Lee & Nia The Novijanto, Elva Fauqo, Neera Alatas, dan Irmaintan.

Rangkaian fashion show di hari perdana MUFFEST 2019 diakhiri dengan Asia Pacific Rayon yang mempersembahkan koleksi modest wear terbaru dari desainer Ali Charisma, Hannie Hananto, Weda Githa, Sofie, Raegitazoro, Novita Yunus, Dibya Hody, dan Aldre.

MUFFEST merupakan kolaborasi dari Indonesian Fashion Chamber (IFC) dan Dyandra Promosindo selaku Professional Exhibition Organizer (PEO). Di tahun ke-4 ini, penyelenggara optimistis menargetkan 55.000 pengunjung dengan transaksi senilai Rp45 miliar. Sementara pada tahun 2018 MUFFEST dihadiri  51.389 pengunjung dengan transaksi senilai Rp38,9 miliar.