22 Galeri Seni Indonesia dan Malaysia Hadir di Art Jakarta Gardens 2023

Tuesday, 07 February 23 Bonita Ningsih

MRA Group kembali menyelenggarakan Art Jakarta Gardens untuk kedua kalinya. Tahun ini, Art Jakarta Gardens, hadir pada 7-12 Februari 2023 di Hutan Kota by Plataran, Jakarta Pusat.

Merespons kebutuhan pada masanya, Art Jakarta Gardens edisi pertama merupakan pekan seni rupa dengan latar ruangan terbuka berupa taman. Kala itu, Art Jakarta Gardens mendapatkan sambutan positif dari kalangan seniman, kolektor, dan pemangku kepentingan ekosistem seni rupa sehingga kembali dihadirkan pada tahun ini. 

Berbeda dari Art Jakarta, konsep Art Jakarta Gardens lebih menonjolkan karya patung dan instalasi luar ruang. Meski demikian, acara ini juga menawarkan karya seni rupa dalam ruangan yang dihadirkan melalui tenda buatan.

“Kami hadir dengan tantangan teknis yang tidak mudah, tetapi, semuanya mengatakan acara ini penting untuk kembali digelar. Acara yang memberikan kesempatan pada publik dan seniman-seniman yang membuat karya di luar ruangan,” ungkap Artistic Director Art Jakarta Gardens, Enin Supriyanto, saat pembukaan Art Jakarta Gardens di lokasi acara.

BACA JUGA:   Pameran Daya Gaya Decenta Hadir Untuk Menilik Sejarah Seni Desain Indonesia

Pembukaan Art Jakarta Gardens dilakukan oleh Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Hilmar Farid pada 7 Februari 2023. Hari pertama Art Jakarta Gardens hanya dibuka untuk tamu VIP sedangkan pengunjung umum dapat menyaksikannya mulai tanggal 8 Februari 2023 hingga pekan seni selesai.

Hilmar mengatakan bahwa Art Jakarta Gardens tahun ini mencerminkan pembelajaran penting dari pandemi COVID-19. Dengan hadirnya pameran seni rupa ini, masyarakat dapat melihat bagaimana seni dan alam berjalan berdampingan. Menurutnya, tidak ada ekosistem seni yang sehat tanpa didukung dengan ekosistem alam yang sehat. 

“Ini merupakan satu kolaborasi dari pecinta seni, seniman, hingga pengusaha yaitu Plataran dalam melihat peluang ke depannya. Semoga pekan seni ini memantik kita semua untuk menggali inspirasi artistik bagi kehidupan yang lebih berkelanjutan,” ujar Hilmar pada kesempatan yang sama.

BACA JUGA:   FestivaLAnd 2019 Hadir di 10 Kota

Yozua Makes, CEO & Founder Plataran Indonesia, mengatakan bahwa strategi pihak penyelenggara untuk menggelar acara di luar ruangan merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, kondisi pandemi COVID-19 telah mengubah kebiasaan turis saat melakukan kegiatan pariwisata atau mengunjungi suatu acara.

“Saat ini, turis akan lebih fokus pada tema-tema tertentu, jumlah orang yang lebih sedikit, dan terpenting lokasi outdoor. Jadi, strategi Art Jakarta digelar di outdoor itu perfect yang didukung dengan produk indoor lainnya,” kata Yozua.

Art Jakarta Gardens 2023 menghadirkan karya seni rupa dari 22 galeri yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia dan juga Malaysia. Sedangkan untuk karya patung dan instalasi luar ruang yang dihadirkan berjumlah 25 buah.

BACA JUGA:   Apresiasi Kreasi Indonesia Bawa UMKM Kreatif Naik Kelas

“Untuk jumlah karya yang di dalam ruangan tidak bisa saya sebutkan karena jumlahnya banyak sekali. 

Apalagi para galeri di dalam ruangan diperbolehkan untuk mengganti karya-karya yang akan dipamerkannya sehingga jumlahnya tak terprediksi,” jelas Enin.

Bagi masyarakat yang ingin mengunjungi Art Jakarta Gardens dapat membeli tiket masuk seharga Rp150.000 per orang melalui aplikasi TIX ID. Setiap harinya, masyarakat dapat menikmati karya seni rupa luar dan dalam ruangan mulai pukul 13.00 hingga 21.00 WIB.