MUFFEST Bandung Optimalkan Transaksi Fesyen Muslim Jelang Lebaran

Tuesday, 04 May 21 Bonita Ningsih
MUFFEST Bandung

Penyelenggaraan Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2021 telah memasuki kota kelima, yaitu di Bandung, Jawa Barat. MUFFEST Bandung digelar di 23 Paskal Shopping Center pada tanggal 26 April hingga 9 Mei 2021.

Mengambil tema “Recovery for Fashion Industry“, MUFFEST 2021 telah berhasil digelar melalui empat kota berbeda, yakni Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Bekasi.

“Kami selalu berkomitmen dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional melalui fesyen busana muslim serta menjadikan Indonesia sebagai kiblat fesyen muslim dunia. Maka dari itu, kami bangga dapat menghadirkan MUFFEST di kota-kota besar secara roadshow,” ujar Apriani, General Manager Dyandra Promosindo.

Apriani mengungkapkan, pelaksanaan MUFFEST 2021 di beberapa kota dilakukan untuk menyambut momen Ramadan dan Lebaran. Menurutnya, pada kondisi tersebut kebutuhan masyarakat untuk memiliki busana muslim akan meningkat pesat sehingga MUFFEST menjadi wadah yang tepat di dalamnya.

“Potensi pasar ini yang membuat kami yakin untuk menggarap acara MUFFEST di tengah pandemi. Para pelaku fesyen muslim tanah air juga akan bersemangat melakukannya, termasuk yang berada di wilayah Bandung,” Apriani menambahkan.

BACA JUGA:   Ramadan Usai, MUFFEST Masih Berlanjut

Taruna K. Kusmayadi, Advisory Board Indonesia Fashion Chamber (IFC), mengatakan bahwa sejak 6 tahun yang lalu pihaknya selalu mendukung pelaksanaan MUFFEST. Secara berkelanjutan, MUFFEST selalu didukung oleh 230 member IFC dari 13 chapter di seluruh Indonesia.

“Kami selalu mendukung UMKM untuk menjadi entrepreneur di bidang fesyen, termasuk fesyen muslim. Untuk itu kami hadir dengan penyelenggaraan MUFFEST yang digelar secara bergantian di lima kota berbeda,” ujar Taruna.

Digelar secara hybrid (offline dan online), MUFFEST 2021 juga bersinergi dengan BliBli sebagai salah satu e-commerce di Indonesia. Selama penyelenggaraan, MUFFEST hadir secara eksklusif di BliBli untuk memasarkan produk-produk fesyen unggulan dari para peserta pameran. Seluruh produk tersebut akan dijual secara online sehingga diharapkan dapat menjangkau konsumen di berbagai daerah.

BACA JUGA:   DAI Gelar Meeting, Pameran, dan Karnaval di Hari Asuransi 2019

“Kami sangat senang bisa mendukung event MUFFEST 2021 untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di bulan Ramadan. Kami melihat masyarakat akan menjalani Ramadan dan Lebaran kali ini dengan lebih optimistis karena sudah terbiasa melakukan kegiatan secara online,” kata Desey Muharlina Bungsu, VP Fashion Muslim, Logam Mulia & Blibli Hasanah.

Selain menawarkan program secara online, MUFFEST Bandung juga menghadirkan beragam program secara langsung. Riri Rengganis, Person in Charge MUFFEST 23 Paskal Shopping Center Bandung, menjelaskan bahwa terdapat rangkaian acara yang dihadirkan di acara ini, seperti fashion show, pameran, talkshow, workshop, hingga seminar.

“Seminar yang dihadirkan di sini dibuat relevan dengan kondisi yang terjadi saat ini. Semuanya disesuaikan dengan kebutuhan pelaku industri yang terdampak pandemi,” ujar Riri.

Untuk fashion show, MUFFEST Bandung didukung oleh 50 desainer lokal maupun nasional. Pihak penyelenggara juga memberikan kesempatan bagi desainer muda untuk menampilkan rancangannya di panggung fashion show MUFFEST Bandung. Desainer tersebut berasal dari 16 siswa sekolah mode di Bandung, yaitu Politeknik STTT Bandung, Universitas Kristen Maranatha, Kriya – Telkom University, dan juga alumni Islamic Fashion Institute (IFI).

BACA JUGA:   MUFFEST Bantu Indonesia Menjadi Pusat Mode Muslim Dunia

“Kami sangat bersyukur karena dapat melibatkan semua elemen dalam industri fesyen untuk dapat bergerak dengan semangat kebersamaan. Kami melihat semua pihak yang terlibat sangat bersemangat untuk eksis dan tetap bergerak di tengah kondisi saat ini,” Riri menambahkan.