Pengunjung Jakarta Fair Minggu Ketiga Tembus 2,5 Juta Orang

Wednesday, 05 July 23 Bonita Ningsih

Memasuki minggu ke-3 pelaksanaan, Jakarta Fair Kemayoran 2023, menunjukkan hasil yang positif. Hal ini dapat terlihat dari jumlah pengunjung yang menembus 2,5 juta orang sejak dibuka pada tanggal 14 Juni 2023 hingga 3 Juli 2023.

“Jumlah tersebut bahkan melampaui dari pengunjung Jakarta Fair di tahun 2022. Kalau kita akumulasi, jumlah pengunjung di tahun ini mungkin naik 10 persen ke atas jika dibandingkan tahun lalu,” ungkap Ralph Scheunemann, Marketing Director JIEXPO.

Menurut Ralph, peningkatan jumlah pengunjung pada Jakarta Fair 2023 disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah libur anak sekolah dan juga cuti bersama Idul Adha dalam satu minggu terakhir ini. 

“Di hari ke-19, kita sudah mendapatkan angka lebih dari 2,5 juta pengunjung. Satu minggu terakhir, weekdays dan weekend jumlah pengunjungnya beda-beda tipis karena libur panjang dan Jakarta Fair ramai sekali,” kata Ralph.

BACA JUGA:   Indocomtech 2023 Hadirkan 150 Peserta Pameran di Bidang Informasi Teknologi Terkini

Selain itu, beragamnya variasi produk yang ditampilkan dalam Jakarta Fair 2023 juga menjadi salah satu faktor meningkatnya jumlah pengunjung pada tahun ini. Apalagi, kata Ralph, saat ini ada beberapa wahana yang kembali dihadirkan Jakarta Fair 2023 untuk menggaet lebih banyak pengunjung di dalamnya. 

“Tahun ini kami kembali menghadirkan wahana rumah hantu, bahkan, kami punya dua hingga tiga wahana tersebut. Ini menjadi wahana yang ditunggu masyarakat karena masyarakat kita memang suka yang seram-seram dan di tahun lalu tidak kami hadirkan,” jelasnya lagi. 

Menurut Ralph, jumlah pengunjung yang datang ke Jakarta Fair setiap tahunnya memang sangat dinamis dan tidak dapat diprediksi. Oleh sebab itu, pihak penyelenggara dalam hal ini adalah PT Jakarta International Expo melakukan sejumlah koordinasi dengan berbagai pihak untuk mengatur keamanan dan mengontrol alur pengunjung. 

BACA JUGA:   IFEX 2017 Jadikan Indonesia Pasar Mebel dan Furnitur Terbesar di ASEAN

Untuk sektor keamanan, pihaknya bekerja sama dengan sejumlah pihak seperti TNI/POLRI serta Satpol PP. Sedangkan, dari segi pengaturan lalu lintas di sekitar area Jakarta Fair bekerja sama dengan Dinas Perhubungan. Kemudian, pihaknya juga bekerja sama dengan Pusat Pengelola Kawasan kemayoran (PPKK) untuk memberikan keamanan dan kenyamanan para pengunjung.

“Setiap tahunnya kami selalu bekerja sama dengan pihak-pihak terkait agar keluhan para pengunjung yang hadir di Jakarta Fair dapat teratasi. Misalnya saja terkait kendala area parkir saat weekend, PPKK sudah menyiapkan kantong-kantong parkir di luar area kita agar tidak terjadi penumpukan di dalam area,” ujar Ralph.

Perhelatan Jakarta Fair Kemayoran akan terus berjalan hingga tanggal 16 Juli 2023 di arena Jakarta International Expo (JIEXpo). Pameran multiproduk terbesar, terlama, dan terlengkap ini diisi dengan parade karnaval, pertunjukkan kesenian kebudayaan, barongsai, wahana permainan, hingga konser musik yang menampilkan para musisi top tanah air.

BACA JUGA:   Kompetisi Barista Perkenalkan Susu Kedelai untuk Kopi

Masyarakat dapat mengunjungi acara ini pameran ini setiap harinya dengan jam operasional Senin hingga Kamis pukul 15.30 hingga 22.00 WIB. Lalu, Jumat pada pukul 15.30 hingga 23.00 WIB serta Sabtu dan Minggu pada pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

Harga tiket masuk pameran ditawarkan mulai dari Rp30.000 hingga Rp50.000. Sedangkan, untuk harga tiket bundling untuk melihat pameran dan konser musik adalah Rp100.000. Pembelian tiket dapat dilakukan melalui situs https://jakartafair.co.id/.