Perdana, Indonesia Comic Con 2023 Hadir Selama Tiga Hari

Tuesday, 20 June 23 Bonita Ningsih

PT Pameran Masa Kini kembali menghadirkan Indonesia Comic Con (ICC) secara offline pada tanggal 23-25 Juni 2023 di Jakarta Convention Center (JCC). Hadir untuk ke-7 kalinya, ICC, menjadi ajang pertemuan bagi para pecinta budaya pop mulai dari komik, mainan, video games, board games, film, lifestyle, hingga pelaku industri ekonomi kreatif. 

“Acara ini menjadi sebuah selebrasi yang dipersembahkan bagi mereka pecinta pop culture dengan sejumlah turunan di dalamnya. Indonesia Comic Con tidak hanya memberikan edukasi terkait pop culture, tetapi, juga menghadirkan sebuah entertainment kepada pengunjung,” ungkap Presiden Direktur PT Pameran Masa Kini, Royanto Handaya, dalam konferensi pers yang digelar pada 19 Juni 2023 di Jakarta. 

Berbeda dari tahun sebelumnya, ICC kali ini mengangkat tema “Pop Asia” yang mana menghadirkan suasana, partisipan, dan konten acara mengarah ke budaya Asia. Selain tengah berkembang, kebudayaan Asia dianggap memiliki kontribusi yang besar terhadap perekonomian Indonesia.

BACA JUGA:   Merancang Masa Depan Arsitektur Indonesia Melalui ARCH:ID

Berdasarkan data yang ia terima, kontribusi ekonomi kreatif di Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) telah menempati posisi ketiga terbesar di dunia. Dengan urutan pertama ditempati oleh Amerika Serikat, Korea Selatan, yang kemudian disusul Indonesia.

“Dari data tersebut membuat Indonesia memiliki potensi dan kontribusi yang besar terhadap perekonomian Indonesia,” ucap Roy begitu sapaan akrabnya. 

Indonesia juga dianggap sebagai pangsa pasar yang menarik bagi ekonomi kreatif karena  memiliki pengguna internet yang tinggi. Berdasarkan data, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 70 persen yang 99 persen di antaranya menggunakan video online. 

“Lebih dari 8 juta orang bekerja sebagai pelaku ekonomi kreatif di Indonesia dengan mayoritas di kuliner, fesyen, dan kriya. Namun, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menyatakan bahwa pertumbuhan paling besar ada di film, animasi, video, seni pertunjukan, dan desain visual. Itu semua adalah bagian dari pop culture,” jelas Roy. 

BACA JUGA:   ASTINDO Travel Fair 2024 Targetkan Rp150 Miliar Transaksi dan 90.000 Pengunjung

Dengan adanya pertumbuhan tersebut, pihak penyelenggara memutuskan untuk menghadirkan lebih banyak program menarik selama ICC 2023 berlangsung. Selain menghadirkan program reguler seperti pameran, pihak penyelenggara juga akan menambahkan kegiatan tambahan di tahun ini. 

Andita Tirtawisata, Project Manager Indonesia Comic Con 2023, menjelaskan bahwa tahun ini ada dua program terbaru yang ditampilkan selama ICC. Pertama adalah Artist Convention yang dijadikan ajang bertukar ilmu serta After Dark Concert sebuah konser musik yang menghadirkan bintang tamu dari dalam maupun luar negeri. 

“Banyaknya program tersebut membuat kami memutuskan untuk menggelar Indonesia Comic Con selama tiga hari. Ini juga menjadi yang baru bagi kami karena di tahun-tahun sebelumnya, ICC hanya digelar dua hari,” kata Andita.

Bagi masyarakat yang ingin mengunjungi ICC 2023 dapat membeli tiket masuk seharga Rp200.000 dan harga khusus cosplayer Rp175.000 per hari. Sedangkan, untuk tiket masuk ke After Dark Concert seharga Rp650.000 (Gold Area) dan Rp750.000 (Diamond Area) setiap harinya.

BACA JUGA:   Jakarta Fair 2024 Perluas Area Kosmetik dan Kendaraan Listrik

Indonesia Comic Con, mempunyai beberapa tiket kategori yang dimulai dari harga Rp200.000 per hari untuk regular, harga Rp175.000 per hari untuk cosplayer reguler, harga Rp550.000 untuk VIP cosplayer, harga Rp1.000.000 untuk harga VIP General. 

“Kami juga menawarkan tiket ultimate access selama tiga hari dengan harga Rp2.500.000. Seluruh tiket hanya dapat dibeli secara online melalui official ticketing partner kami di konser.co.id,” ucap Andita.