Ratusan Lembaga Pendidikan Islam Dunia Berkumpul di Muslim EduFest 2023

Wednesday, 24 May 23 Bonita Ningsih

Animo masyarakat muslím di Indonesia terhadap pendidikan islam semakin bergairah. Hal ini terlihat dari banyaknya jumlah lembaga pendidikan islam dan jumlah peserta didik yang ada di tanah air.

Pada tahun 2022, pendidikan islam di Indonesia sudah mencapai 350.059 lembaga dengan jumlah peserta didik sebanyak 29.335.506 orang. Capaian tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki lembaga pendidikan islam terbanyak di dunia.

Meskipun menunjukkan tren positif, pengetahuan masyarakat Indonesia terhadap pendidikan islam yang berkualitas masih kurang. Bahkan, tak sedikit orang tua yang masih kesulitan dalam menentukan pilihan lembaga pendidikan berkualitas bagi anak-anaknya. Salah satu penyebabnya adalah minimnya wadah informasi lembaga pendidikan islam yang kredibel di Indonesia. 

Untuk menjawab kegelisahan tersebut, Muslim EduFest 2023 akan hadir di ICE BSD, Tangerang, dengan ratusan lembaga pendidikan islam dunia. Acara yang diselenggarakan oleh PT Satu Tujuan Event (Satue Events) berkolaborasi dengan Lima Events dan Bina Masyarakat Madani Indonesia (BMMI) ini akan hadir pada tanggal 25-27 Agustus 2023.

Muslim EduFest akan menjadi sarana informasi lembaga pendidikan Islam yang komprehensif dan juga bentuk dukungan terhadap cita-cita pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai pusat pendidikan islam di dunia. Hal tersebut yang juga diharapkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo peresmian pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia pada 2018 silam. Jokowi optimistis Indonesia yang berpenduduk muslim terbesar di dunia dapat menjadi rujukan peradaban Islam dunia di masa mendatang.

BACA JUGA:   Indonesia Targetkan 4 Segmen Turis India Ini di SATTE 2024

“Acara ini siap mendukung pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai pusatpendidikan Islam di dunia. Melalui acara ini kami juga dapat memberikan ruang bagi masyarakat untuk mengenal pendidikan islam secara holistik,” ungkap Bambang Setiawan, Direktur PT Satu Tujuan Event saat konferensi pers di Jakarta Pusat pada tanggal 24 Mei 2023.

Penyelenggaraan Muslim EduFest tahun ini akan menjadi konjungsi dalam satu rangkaian dari Indonesia Muslim Lifestyle Festival (Muslim LifeFest). Ini merupakan pameran terbesar industri gaya hidup syariah dan halal di Indonesia yang mencakup semua sektor industri gaya hidup syariah dan juga halal.

“Untuk pertama kalinya Muslim EduFest akan dihadirkan bersama Muslim LifeFest. Oleh sebabnya, kami akan menggunakan area seluas 14.580 meter persegi di ICE BSD agar dapat mengakomodir seluruh acara tersebut,” ujar Direktur Lima Events, Deddy Andu, pada kesempatan yang sama.

BACA JUGA:   TravMedia Summit dan International Media Marketplace Sukses Digelar

Sebanyak 176 peserta akan berpartisipasi dalam kegiatan ini dan menciptakan program-program menarik di dalamnya. Peserta yang terlibat berasal dari berbagai sektor mulai dari lembaga pendidikan nasional dan internasional, buku, perlengkapan sekolah, lembaga keuangan islam, lembaga pemerintahan, konsultan pendidikan, hingga travel.

Acara ini juga akan menampilkan ratusan sekolah berbasis islam dari tingkat SD, SMP, SMA, boarding school, pondok pesantren, sekolah tahfidz, hingga perguruan tinggi. Terdapat juga informasi seputar homeschooling yang mengusung pendidikan islam untuk membantu anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus dalam proses belajar mengajar.

Tidak hanya dari dalam negeri, sejumlah lembaga pendidikan mancanegara juga akan hadir dalam acara ini. Beberapa di antaranya ada dari Malaysia, Yordania, Madinah, dan sejumlah negara Timur Tengah.

“Mereka memanfaatkan peluang Muslim EduFest sebagai sarana efektif untuk memperluas pasar dan berjejaring dengan sejumlah lembaga pendidikan di Indonesia,” kata Ustadz Ali Saman, Ketua Bina Masyarakat Madani Indonesia.

Dengan demikian, Muslim EduFest, telah memiliki target pengunjung yang berasal dari kalangan orang tua dan calon siswa, guru dan pengajar. Ada juga dari pimpinan sekolah dan yayasan pendidikan, pemerhati pendidikan, hingga pengasuh asrama dan pesantren.

BACA JUGA:   Indofood IRONMAN 70.3 Bintan 2017, Lari sambil Promosikan Pariwisata Bintan

“Kita hadirkan guru dan pengajar karena acara ini akan ada konferens. Di sini, kami juga secara khusus membuat event khusus pengasuh asrama dan pesantren sehingga mereka semua menjadi target pengunjung Muslim EduFest,” ucapnya lagi.

Selain konferensi pendidikan, acara ini juga akan diisi dengan berbagai program di dalamnya seperti seminar, workshop, informasi beasiswa serta alumni sharing. Selain itu, terdapat juga sains dan kompetisi internasional berkaitan dengan teknologi yang dapat diikuti oleh para siswa.

“Muslim Edufest diharapkan menjadi barometer kemajuan lembaga pendidikan Islam di Indonesia sehingga dapat melahirkan generasi Qur’ani yang bermental kuat dan berdaya saing global di masa mendatang,” tutupnya.