Resmi Ditutup, BFN dan IFSE 2023 Berhasil Hadirkan 147 Seminar

Thursday, 14 December 23 Bonita Ningsih

Acara Bulan Fintech Nasional (BFN) 2023 dan Indonesia Fintech Summit & Expo (IFSE) 2023 telah sukses digelar selama satu bulan penuh secara hybrid. Acara persembahan Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH), Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI), Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), dan didukung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berhasil digelar sejak 11 November – 12 Desember 2023.

IFSE merupakan acara puncak dari BFN yang digelar secara luring di The Kasablanka Hall, Mall Kota Kasablanka pada 23 dan 24 November 2023. Acara kelima IFSE ini berhasil menghadirkan berbagai pihak dari pemerintah, pelaku industri fintech, kementerian/lembaga terkait, maupun media. Penyelenggaraan acara tersebut bertujuan untuk semakin mengenalkan perkembangan teknologi keuangan digital, meningkatkan pemahaman manfaat, dan risiko industri fintech.

Kegiatan IFSE 2023 menyajikan berbagai macam agenda acara seperti 25 sesi main conference yang dihadiri lebih dari 70 pembicara nasional dan internasional. Terdapat lebih dari 36 booth pameran yang diisi oleh perusahaan fintech, UMKM, dan media serta kegiatan mini stage edutainment.

Dengan banyaknya kegiatan tersebut, IFSE 2023, berhasil menarik lebih dari 3.000 peserta summit/conference dan pengunjung pameran. Para pengunjung berasal dari pelaku industri dan ekosistem pendukung sektor fintech serta masyarakat umum.

BACA JUGA:   IFSE 2023 Tingkatkan Edukasi dan Literasi Keuangan Masyarakat Indonesia

Sementara itu, BFN yang digelar selama satu bulan telah berhasil menghadirkan lebih dari 147 webinar/seminar edukasi dan literasi terkait fintech. Acara tersebut digelar secara hybrid dengan menghadirkan lebih dari 172 narasumber yang berasal dari kementerian/lembaga, akademisi, pelaku industri, dan asosiasi, serta mitra pendukung terkait lainnya.

BFN 2023 juga didukung dan diikuti oleh lebih dari 75 perusahaan fintech sebagai kontributor. Mereka telah menyajikan lebih dari 236 program promosi berupa cashback, discount, referral promo, free admin fee, paket bundling, dan lain lain.

Tak hanya itu, BFN 2023, juga berhasil menarik potensi talenta digital muda Indonesia dengan menyajikan lebih dari 170 lowongan pekerjaan yang ditayangkan melalui virtual platform www.bulanfintechnasional.com. Rangkaian kegiatan BFN 2023 merupakan wujud komitmen dari regulator, asosiasi, dan pelaku industrinya sebagai upaya memperkenalkan ragam produk dan layanan fintech yang ada di Indonesia baik kepada masyarakat, komunitas, mahasiswa.

BACA JUGA:   Kemenparekraf Hadirkan Food Truck Hingga Festival Jajanan Bango di Mandalika

Ketua Umum AFTECH, Pandu Sjahrir, mengapresiasi dukungan dari seluruh pihak terkait yang bekerja keras menyukseskan penyelenggaraan BFN dan IFSE 2023. Menurutnya, keberhasilan pelaksanaan BFN dan IFSE 2023 merupakan komitmen yang ditunjukkan AFTECH, anggotanya, dan seluruh pihak terlibat untuk memajukan sektor fintech di Indonesia.

“Kontribusi yang diberikan oleh berbagai pihak yang terlibat merupakan bentuk dukungan yang sangat penting sehingga kita semua dapat bersama-sama menyukseskan event terbesar di sektor fintech Indonesia sekaligus wujud komitmen untuk semakin meningkatkan pemahaman konsumen akan manfaat dan peran strategis layanan fintech saat ini,” jelas Pandu.

Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital dan Aset Kripto OJK, Hasan Fawzi, mengapresiasi keberhasilan gelaran BFN dan 5th IFSE 2023. Menurut Hasan, BFN dan IFSE 2023 telah berhasil meningkatkan sinergi antara regulator dan pelaku industri fintech dalam meningkatkan edukasi dan literasi kepada masyarakat terkait teknologi keuangan digital.

“Keberhasilan penyelenggaraan BFN dan IFSE 2023 merupakan sebuah pencapaian yang sangat strategis. Hal ini menandakan era baru peningkatan sinergi dan kolaborasi antara regulator dan pelaku industri dalam menghadapi tantangan di sektor fintech sekaligus meningkatkan literasi publik dalam memanfaatkan layanan fintech secara produktif dan bertanggung jawab,” kata Hasan.

BACA JUGA:   éL Hotel Bandung Gelar Kegiatan Lari Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

Melalui BFN dan IFSE 2023, ia berharap agar inklusi keuangan di Indonesia dapat terus ditingkatkan. Dengan demikian, sektor ekonomi digital Indonesia dapat terus tumbuh dan menjadi motor utama pertumbuhan ekonomi nasional.

“BFN dan IFSE merupakan sebuah event yang sangat strategis karena dalam kegiatan ini, regulator dan pelaku industri fintech bersinergi, berkolaborasi, dan berdiskusi mengenai berbagai tantangan di sektor ini. Saya tentu berharap masyarakat yang masuk dalam kategori unbanked dapat dijangkau dan memanfaatkan layanan fintech sehingga inklusi keuangan dapat terus ditingkatkan,” ujarnya lagi.