Sarawak Tourism Board Kenalkan Wisata Kesehatan

Tuesday, 28 February 23 Erwin Gumilar

Sarawak Tourism Board (STB) hadir dalam acara pameran rumah sakit Malaysia Healthcare Expo 2023 (MH Expo 2023) pada 23 hingga 26 Februari 2023 di Lippo Mall Puri Jakarta untuk promosi wisata medis.

Promosi wisata medis ini bertujuan meningkatkan kunjungan wisatawan medis asal Indonesia sebagai salah satu pasar potensial. Selain itu, promosi ini untuk memberi opsi kedua bagi pasien-pasien dari Indonesia untuk melakukan perawatan di rumah sakit di Sarawak yang menawarkan layanan kesehatan yang berkualitas.

Partisipasi Sarawak dalam MH Expo Jakarta 2023 akan membantu menghidupkan kembali industri pariwisata kesehatan mereka serta memberi manfaat kepada para pekerja di sektor medis dan sektor lain terkait kesehatan.

BACA JUGA:   Tahun Ini Tidak Ada Indonesia International Motor Show!

Pada keikutsertaan tahun ini, ada tiga rumah sakit berpartisipasi dalam pameran ini, yakni Normah Medical Specialist Centre, Borneo Medical Centre, dan Timberland Medical Centre.

Karmilla Binti Kamaruddin, Marketing Manager Serawak Tourism Board untuk kawasan ASEAN, mengatakan, dengan kedekatan geografis dan rencana pemindahan ibu kota Indonesia ke Kalimantan Timur, pameran ini adalah kesempatan bagi Sarawak untuk mengenalkan kepada pasar Indonesia mengenai fasilitas mutakhir dan layanan prima yang ditawarkan oleh institusi medis swasta dan rumah sakit di Kuching, Sibu, Miri dan Bintulu.

“Selain wisata medis, ini juga kesempatan untuk STB menjalin kerja sama dua arah dengan para pelaku usaha di Indonesia yang saling menguntungkan kedua pihak untuk mempromosikan pariwisata antar kedua negara,” ungkap Karmilla.

BACA JUGA:   Beragam Hadiah Menarik dari Property Fiesta Virtual Expo 2020

Sarawak juga menawarkan ragam obyek wisata yang dapat dikunjungi bagi wisatawan kesehatan saat mereka berobat. “Kami di Sarawak memiliki berbagai macam tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk para wisatawan kesehatan, seperti Borneo Culture Museum, yakni museum terbesar kedua di Asia Tenggara, Taman Negara Mulu masuk dalam warisan UNESCO, dan juga Rainforest World Music Festival yang akan berlangsung pada 23 hingga 25 Juni 2023,” kata Karmilla.

Rainforest World Music Festival (RWMF) merupakan acara tahunan yang selalu diselenggarakan oleh Sarawak Tourism Board, dan tahun ini konser musik tersebut telah memasuki penyelenggaraan ke-26 tahun yang menampilkan pemusik dari Malaysia dan seluruh dunia.

BACA JUGA:   Accor Live Limitless Hadirkan Panggung di Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2023 

Untuk bertandang ke Sarawak, wisatawan dari Indonesia bisa masuk melalui berbagai jalur. Untuk jalur udara, wisatawan bisa melalui Kuala Lumpur, dan untuk jalur darat melalui pulau Kalimantan (Pontianak dan Singkawang).