Tokopedia Fashion Market, Panggung Khusus Bagi Brand Fashion Lokal Indonesia

Friday, 09 February 24 Bonita Ningsih

Tokopedia terus berkomitmen untuk memberikan panggung khusus brand fashion lokal melalui berbagai kegiatan seperti Tokopedia Fashion Market 2024. Acara ini resmi digelar pada tanggal 7 hingga 11 Februari 2024 di Mal Kota Kasablanka Jakarta dan secara online pada 19-29 Februari 2024 melalui aplikasi Tokopedia.

Head of Fashion Category Development Tokopedia, Aldhy Darmayo, menilai bahwa industri fashion di Indonesia memiliki potensi yang besar sehingga dibutuhkan wadah promosi terbaik. Menurutnya, Tokopedia Fashion Market menjadi salah satu wadah untuk meningkatkan awareness hingga penjualan brand lokal tanah air.

Lebih dari itu, industri fesyen juga telah menempati posisi kedua terbesar sebagai penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif di Indonesia. Berdasarkan data yang ia peroleh, ekonomi kreatif saat ini menjadi penyumbang sekitar 7,8 persen dari PDB Indonesia.

Tokopedia juga mencatat, permintaan masyarakat terhadap produk fesyen mengalami peningkatan selama tahun 2023. Hal ini terlihat dari tren belanja online di Tokopedia yang mencatat bahwa fesyen menjadi salah satu kategori produk paling laris sepanjang tahun 2023.

BACA JUGA:   Deep & Extreme Indonesia Tingkatkan Minat Masyarakat terhadap Olahraga Selam

Sejumlah wilayah di Indonesia juga mengalami peningkatan transaksi produk fesyen di Tokopedia seperti Raja Ampat (Papua Barat), Yahukimo (Papua Pegunungan), dan Puncak Jaya (Papua Tengah) dengan rata-rata kenaikan hampir 2 kali lipat. Lalu ada Bangkalan (Jawa Timur), Lebak (Banten), dan Tanjung Pinang (Kepulauan Riau) yang mengalami kenaikan dengan rata-rata hampir 1,5 kali lipat.

“Data internal Tokopedia mencatat bahwa sejumlah produk mengalami transaksi tertinggi sepanjang 2023 di kategori fesyen wanita, antara lain jam tangan, sandal, dan tas. Sedangkan di kategori fesyen pria yaitu t-shirt, sneakers, dan tas,” ucap Aldhy.

Bersamaan dengan dibukanya Tokopedia Fashion Market secara offline, Tokopedia juga meluncurkan fitur terbaru ‘Ambil di Tempat’. Fitur ini mempermudah pengunjung untuk mengambil barang secara langsung yang sebelumnya telah melakukan transaksi online melalui toko yang membuka booth di Tokopedia Fashion Market.

BACA JUGA:   Malaysia Business Events Week 2015 Akan Dihadiri 300 Delegasi

Di sini, pengunjung bisa mengakses produk fashion wanita, pria, anak-anak, hingga fashion muslim dari brand fashion lokal yang berpartisipasi. Dengan demikian, fitur ini juga diharapkan dapat mendorong geliat industri fesyen tanah air melalui jumlah transaksi di dalamnya.

“Pengunjung bisa mendapatkan rilisan eksklusif hanya tersedia di Tokopedia dari brand fashion lokal yang akan dirilis selama Tokopedia Fashion Market berlangsung. Mulai dari diskon hingga 90 persen, flash sale, cashback hingga Rp1.000.000, promo jastip, serta penawaran menarik lainnya,” jelas Aldhy.

Fitur Tokopedia ‘Ambil di Tempat’ juga sudah bisa digunakan untuk membeli produk selain fesyen di berbagai pengalaman belanja online to offline maupun sebaliknya. “Dengan adanya fitur ini kami berharap bisa mempermulus pengalaman belanja online to offline (sebaliknya) dan memungkinkan lebih banyak masyarakat merasakan kemudahan bertransaksi lewat ekosistem Tokopedia,” Aldhy menambahkan.

BACA JUGA:   Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2023 Hadirkan Lebih dari 140 Line Up

Di Tokopedia Fashion Market, para pengunjung dapat melihat produk-produk fesyen secara langsung melalui bazar yang diisi oleh brand lokal seperti Benang Jarum, merché, Prepp Studio, dan lainnya. Pengunjung juga dapat mengikuti kegiatan menarik lainnya seperti fashion show, photo booth, hingga hadiah menarik setiap pembelian kelipatan Rp100.000 lewat program reward card.

“Pengunjung juga bisa mengakses produk kecantikan dan sport apparel dari penjual di Tokopedia yang juga berpartisipasi di bazar Tokopedia Fashion Market,” katanya lagi.