Toraja and Beyond Tourism Week Bangkitkan Pariwisata Indonesia ke Mata Dunia

Friday, 01 October 21 Bonita Ningsih

Pameran pariwisata bertajuk Toraja and Beyond Tourism Week resmi digelar pada 30 September-3 Oktober 2021 di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta. Acara ini diharapkan dapat membangkitkan pariwisata Indonesia di tengah pandemi COVID-19 sekaligus menggerakan perekonomian nasional.

Pembukaan Toraja and Beyond Tourism Week 2021 dihadiri para Duta Besar dan diresmikan secara langsung oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan. Dalam sambutannya, Anies, mengapresiasi semua pihak yang menginisiasi acara ini seperti masyarakat Toraja di Jakarta, MASATA, MRT Jakarta, serta jajaran Pemprov DKI Jakarta.

“Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat Toraja di Jakarta yang menyelenggarakan kegiatan ini dengan difasilitasi MRT. Kami harap acara serupa akan muncul lebih banyak untuk memperkenalkan budaya daerah lain kepada masyarakat Jakarta,” jelas Anies.

BACA JUGA:   Mahasiswa Juga Sadar MICE Melalui MIST

Menurut Anies, acara ini dapat dijadikan sebuah hiburan bagi masyarakat yang saat ini sudah jenuh terhadap situasi pandemi. Pasalnya, pandemi COVID-19 memberikan dampak yang luar biasa bagi sektor pariwisata karena terbatasnya interaksi langsung dan mobilitas masyarakat.

“Semoga kegiatan ini akan menjadi wadah terbaik untuk meningkatkan pariwisata domestik kepada masyarakat Jakarta dan juga warga negara lain yang ada di Jakarta,” ucapnya lagi.

Pameran ini akan menghadirkan para Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) yang menampilkan hasil produknya, khususnya dari daerah Toraja. Produk yang ditampilkan para UMKM berupa kuliner, kerajinan tangan, hingga kebudayaan khas dari Toraja.

“Di sini, UMKM akan diberikan kesempatan untuk menampilkan produknya agar dapat mengembangkan jaringan pasarnya. Ini dikarenakan yang datang ke pameran ini tidak hanya masyarakat Indonesia saja, tetapi juga ada warga negara asing,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Toboali City On Fire 2017 Tampilkan 16 Program Unggulan

Selain itu, Toraja and Beyond Tourism Week 2021, juga akan menjadi ajang dalam membuka kerja sama diplomatik antara pemerintah Indonesia dengan negara lain. Dengan dukungan dari para Duta Besar, pihaknya juga akan mengajak semua komunitas internasional untuk menggunakan MRT Jakarta dan ruang publik lainnya di ibu kota.

“Kami ingin menjadikan Jakarta sebagai kota yang lebih dikenal oleh banyak masyarakat. Dengan lokasi pameran di sini, sekaligus memperkenalkan MRT Jakarta sebagai transportasi umum yang efisien, terjangkau, dan nyaman bagi seluruh lapisan masyarakat,” kata Anies.

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar, mengaku bangga telah terlibat dalam proyek kerja sama ini. Tak hanya sampai di sini, pihaknya akan melanjutkan kerja sama ini dengan mempromosikan lima destinasi wisata super prioritas yang telah ditetapkan pemerintah. Kelima destinasi tersebut adalah Borobudur (Jawa Tengah), Danau Toba (Sumatera Utara), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), hingga Likupang (Sulawesi Utara). 

BACA JUGA:   Canon PhotoMarathon Jakarta Tawarkan Hadiah Ratusan Juta Rupiah

“Lima destinasi super prioritas tersebut akan menjadi bagian dari kegiatan MRT dalam mempromosikan pariwisata Indonesia. Selanjutnya, akan ada 10 destinasi wisata prioritas lainnya yang akan kita promosikan untuk diperkenalkan ke masyarakat luas,” ujar William.