Virtual Expo Indonesia Digital Trade Show 2020 Didukung Tiga Kementerian

Wednesday, 18 November 20 Bonita Ningsih
Indonesia Digital Trade Show

Indonesia Digital Trade Show in Conjunction With Indonesia Local Brands Expo yang digelar secara virtual akan melibatkan banyak pemangku kepentingan di dalamnya. Sebagai pihak penyelenggara, PT Sukses Mulya Pratama menggandeng pemerintah dan swasta untuk menyukseskan pameran virtual ini.

“Kami juga melibatkan komunitas dan rekan-rekan media untuk menyukseskan acara ini. Jika semua pihak dapat bergandeng tangan, diharapkan dapat membantu roda perekonomian Indonesia,” ungkap S.R Nopit Cahyani, Direktur PT Sukses Mulya Pratama.

Nopit juga menjelaskan, kolaborasi ini dapat memberikan kesempatan bagi seluruh pengusaha lokal dan UMKM binaan pemerintah agar tetap berjualan di tengah pandemi. Didukung dengan kecanggihan teknologi berupa platform digital, pameran ini akan menjadi wadah berdagang bagi pelaku UMKM Indonesia untuk mendapatkan pendapatan. Selain itu, pameran ini juga sebagai jembatan dalam mempercepat digitalisasi produk-produk UMKM yang tersebar di seluruh kota Indonesia.

Ada Terdapat tiga kementerian yang ikut terlibat dalam acara ini, yakni Kementerian Koperasi dan UKM RI, Kementerian Perdagangan RI, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Masing-masing kementerian memiliki cara untuk mendukung terselenggaranya pameran ini, seperti memfasilitasi para pelaku UMKM binaannya ke dalam virtual expo Indonesia Digital Trade Show 2020.

Victoria br Simanungkalit, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi & UKM, mengatakan, pandemi COVID-19 memberikan dampak buruk bagi perekonomian negara. Seluruh industri pun terkena dampak yang sama, termasuk UMKM, mengalami penurunan drastis terhadap penjualan produknya. Oleh sebab itu, Kementerian Koperasi & UMKM tidak tinggal diam dan berusaha berupaya mendukung segala aktivitas pelaku UMKM, salah satunya dengan pameran virtual ini.

Indonesia Digital Trade Show in Conjunction With Indonesia Local Brands Expo hadir dengan konsep 3D Interactive sehingga berbeda dengan pameran virtual lainnya. Melalui inovasi ini, diharapkan pengusaha lokal dan UMKM seluruh Indonesia dapat menembus pasar digital dan mempercepat digitalisasi produk-produk yang dimilikinya.

“Perlu terobosan terbaru untuk membantu UMKM kita, salah satunya dengan beradaptasi kondisi new normal dan terhubung secara digital. Pameran ini menjadi salah satu langkah terbaik untuk mendorong digitalisasi dan pemasaran secara online,” ungkap Victoria.

Halaman : 12