Warisan 2017 Hadirkan Tiga Wasiat Indonesia

Monday, 20 November 17   23 Views   0 Comments   Ahmad Baihaki
Warisan 2017

Mediatama Binakreasi kembali akan menyelenggarakan Warisan (Wasiat Agung Negeri Nusantara) untuk yang kedua kalinya. Acara ini akan diselenggarakan pada 23-26 November 2017 di Cendrawasih Hall Jakarta Convention Center.

Warisan 2017 mengangkat tema Citra Bahtera Nusantaradengan menampilkan tiga wasiat Indonesia, yaitu batik, tenun, dan mutiara. Secara khusus, Warisan bertujuan menjaga seni dan budaya Indonesia, juga sebagai bentuk apresiasi terhadap para pembatik, penenun, pemerhati, perajin, serta pengusaha batik, tenun, dan mutiara.

Pameran ini akan menghadirkan 126 stan yang memamerkan produk batik, tenun, dan mutiara yang berkelas dan bergaransi. Batik yang ditampilkan hanyalah batik dari hasil penggunaan malam panas 100 persen dengan aplikasi batik tulis, batik cap atau batik kombinasi. Warisan 2017 juga menghadirkan karya tenun NTT yang terkenal serta tenun songket yang mewah dari Palembang. Tidak lupa juga mutiara air laut Indonesia yang akan dihadirkan pada pameran ini yang asli dan bersertifikasi.

Produk yang akan dipamerkan di Warisan akan melalui proses kurasi oleh tim kurator yang terdiri Dudung Alie Syahbana (kurator batik), Komarudin Kudiya (kurator batik), Romi Okta Birawa (kurator batik), Koestriastuti (kurator tenun), dan Ratna Zhuhry (kurator mutiara).

Selain pameran, pada Warisan 2017 juga akan ada beberapa talk show, pertunjukan musik tradisional, serta games tebak BATERA (Batik, Tenun, dan Mutiara) untuk memenangkan tiket pesawat perjalanan domestik bersama Batik Air.

Penyelenggaraan Warisan kali ini didukung oleh Kementerian Pariwisata, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, Yayasan Batik Indonesia (YBI), Cita Tenun Indonesia (CTI), Asosiasi Budidaya Mutiara Indonesia, Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI), dan Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI).

Pameran akan dibuka pada 10 pagi hingga 9 malam, dengan tiket masuk seharga Rp100.000. Bagi pemegang Kartu Kredit BNI cukup membayar Rp1.946, serta pemegang Kartu Kredit non-BNI hanya membayar Rp25.000. Harga khusus ini hanya berlaku untuk satu kali swipe Kartu Kredit. Sementara itu, bagi pengunjung yang datang mengenakan pakaian batik, tenun, atau mutiara bisa masuk ke area pameran tanpa membeli tiket.