Venue Baru yang Terapung di Laut

Monday, 20 November 17 Ahmad Baihaki
Jazz Coffee Sunset on the Ship

PT Pelni (Persero) semakin menegaskan produk lifestyle on board dengan menggelar event di atas Kapal Motor (KM) Kelud yang bertajuk Jazz Coffee Sunset on the Ship. Acara yang berlangsung pada 17 November 2017 itu diadakan di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Program ini juga bertujuan untuk mengubah mindset masyarakat tentang pelayanan transportasi laut.

Jazz Coffee Sunset on the Ship yang baru pertama kali diadakan ini mencoba menggabungkan alunan jazz yang romantis berlatar matahari terbenam dengan racikan kopi khas Nusantara yang diracik langsung oleh barista.

Insan Purwarisya L. Tobing, Direktur Utama PT Pelni, mengatakan, Jazz Coffee Sunset on the Ship memang sengaja diselenggarakan oleh PT Pelni dengan mencoba membuat sesuatu yang berbeda. “Kami menganggap bahwa sekarang  tren penumpang sudah mulai agak berkurang untuk naik kapal. Maka dari itu kami mencoba untuk memilih alternatif lain yang bisa kita jajaki,” ujar Insan.

Penyelenggaraan Jazz Coffee Sunset on the Ship juga bertujuan mendukung pariwisata Indonesia. Beberapa obyek wisata yang sudah dipersiapkan oleh Pelni antara lain Karimun Jawa, Wakatobi, dan Raja Ampat.

“Melihat kapal-kapal di Indonesia masih sangat kurang, kami dari PT Pelni berencana menambah jumlah kapalnya. Pada tahun 2018, Pelni akan memiliki dua kapal yang memang dikhususkan untuk wisata,” kata Insan.

Olih Masolich Sodikin, Direktur Usaha Angkutan Penumpang, mengatakan, penyelenggaraan Jazz Coffee Sunset on the Ship bertujuan mengubah pola pikir masyarakat terhadap angkutan laut. Seperti diketahui, masyarakat gemar dengan musik Jazz dan kopi.

“Di sini kami sajikan kopi dari seluruh Indonesia, seperti Gayo, Papua, kopi Makassar, dan lainnya. Awalnya kami menargetkan 300 orang, ternyata yang datang mencapai 700 orang,” kata Olih.

Olih menjelaskan, hanya dengan membayar tiket masuk Rp60.000, para pengunjung dapat mencoba beragam jenis kopi yang disajikan sekaligus menikmati alunan musik dari penyanyi Kunto Aji.

“Kami menghadirkan 20 jenis kopi Nusantara yang disajikan langsung oleh barista. Di dermaga pelabuhan juga tersedia food truck. Dengan kegiatan ini, kami berharap dapat membangun ketertarikan masyarakat urban perkotaan untuk melirik kapal Pelni sebagai venue yang ikonik untuk berbagai rupa acara,” ujar Didik Dwi Prasetio, Corporate Secretary PT Pelni.

KM Kelud yang digunakan sebagai lokasi penyelenggaraan Jazz Coffee Sunset on the Ship ini merupakan kapal penumpang yang melayari jalur barat atau Sumatera yang singgah di beberapa titik, antara lain Tanjung Priok, Batam, Tanjung Balai, dan Medan (PP). Kapal yang mampu mengangkut 2.000 orang ini memiliki fasilitas yang lengkap, seperti kamar tidur kelas 1 sampai ekonomi, restoran, kafetaria dengan pemandangan ke laut lepas, sampai area bermain anak.

Sebelumnya, KM Kelud sudah banyak digunakan oleh kementerian/lembaga dan perusahaan swasta sebagai lokasi kegiatan mereka, seperti untuk rapat, seminar, dan gathering, baik ketika kapal sedang bersandar maupun ketika sedang berlayar.