World Water Forum 2024 Promosikan Pariwisata Bali ke Panggung Global

Tuesday, 21 May 24 Khanisa Azahra
tari bali di World Water Forum 2024

Penyelenggaraan World Water Forum (WWF) 2024 di Bali sukses menjadi ajang promosi pariwisata Indonesia di mata dunia. Acara bergengsi yang dihadiri lebih dari 50.000 delegasi dari 170 negara ini memberikan exposure luar biasa bagi pariwisata Indonesia, terutama bagi Pulau Dewata. Pemerintah berkomitmen untuk menjadi tuan rumah terbaik bagi acara kelas dunia sehingga mata dunia tertuju pada Indonesia.

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menyambut baik keberhasilan Indonesia sebagai tuan rumah World Water Forum 2024. Ia menyatakan bahwa event ini bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 dengan tema “Bangkit untuk Indonesia Emas”. 

BACA JUGA:   Bali Kembangkan Pariwisata Berkualitas

Dampak positif dari penyelenggaraan World Water Forum 2024 di Bali terlihat dari estimasi perputaran ekonomi yang mencapai Rp1,5 triliun. Angka ini diperoleh dari pengeluaran rata-rata per delegasi yang berkisar Rp30 juta, mengacu pada standar event sejenis. Sandiaga menegaskan bahwa Kemenparekraf akan melakukan survei pada 17-25 Mei 2025 untuk mengevaluasi dampak akurat dari event ini terhadap pencapaian target kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara di tahun 2024.

Eksposur yang diperoleh Bali dan Indonesia dari World Water Forum 2024 sangatlah masif. Dalam seminggu terakhir, terdapat lebih dari 190 pemberitaan global dan nasional terkait event ini. Selain itu, terdapat sekitar 118 pencarian harian di mesin pencari daring yang berasal dari luar wilayah Indonesia, terutama dari kawasan Pasifik. Hal ini semakin mendorong penyelenggaraan MICE berkelanjutan di Tanah Air.

BACA JUGA:   Dampak Ekonomi World Water Forum 2024 Mencapai Rp1,38 Triliun

Untuk memperkuat promosi pariwisata Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga menyelenggarakan Fair and Expo WWF 2024 di Bali Nusa Dua Convention Center pada 20-25 Mei 2024. Acara ini melibatkan berbagai UMKM Indonesia dan memberikan platform bagi mereka untuk memasarkan produk-produk kreatif kepada delegasi dari seluruh dunia.

Sandiaga Uno menegaskan bahwa penyelenggaraan World Water Forum 2024 di Bali merupakan kesempatan emas bagi Indonesia untuk menunjukkan kepada dunia bahwa negara ini siap menjadi tuan rumah acara-acara internasional berskala besar. Tak hanya itu, event ini juga menjadi panggung promosi pariwisata Indonesia di mata global, sekaligus mengundang investasi dan kunjungan wisatawan mancanegara ke Tanah Air.