Usai MotoGP Digelar, Sirkuit Mandalika Kebanjiran Event

Monday, 21 March 22 Bonita Ningsih

Indonesia telah berhasil menyelenggarakan balap internasional MotoGP pada 18-20 Maret 2022 di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Bertempat di Pertamina Mandalika International Street Circuit, acara ini telah membuat mata dunia tertuju kepada Indonesia. 

“Saya melihat Dorna Sport berhasil menggelar event ini penuh dengan presisi, walaupun kendala hujan tetapi mereka menghadirkan sesuatu yang menghibur banyak penonton,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, saat Weekly Press Briefing Kemenparekraf di Jakarta pada 21 Maret 2022.

Indonesia dianggap berhasil menyelenggarakan event balap kelas dunia dan Sirkuit Mandalika dianggap sebagai sirkuit dengan pemandangan tercantik di dunia. Bahkan, FIM (Federasi Olahraga Sepeda Motor Dunia) menetapkan sirkuit tersebut dalam klasifikasi grade A berdasarkan hasil homologasi yang dilakukan beberapa waktu lalu. 

BACA JUGA:   Indonesia Wellness and Health Tourism Expo 2022 Hadir Perdana di Mal Jakarta

“Saat saya ingin menyerahkan pemenang Moto2, saya duduk dengan salah satu petinggi FIM yang menyatakan ada beberapa balapan tingkat internasional yang sudah menaruh perhatian kepada Mandalika,” ujarnya lagi.

Selain itu, beberapa komunitas otomotif juga telah mengusulkan untuk melakukan test drive di dalam sirkuit dengan standar keamanan yang tinggi. Bahkan, Sandiaga menyebutkan sudah banyak event berskala besar yang mengajukan diri untuk digelar di Mandalika.

“Mulai dari event lari, sepeda, triathlon, serta beberapa event yang berkolaborasi dengan komunitas. Pokoknya, saya pastikan akan banyak event-event besar yang digelar di Mandalika karena sudah banyak event yang antre,” ucap Sandiaga lagi.

BACA JUGA:   Jember Fashion Carnaval 2018 Mengangkat Tema Kebangkitan Negara-Negara di Asia

Dengan demikian, Sandiaga menilai MotoGP Mandalika 2022 mampu memberikan nation branding yang kuat dan memberikan dampak positif terhadap kebangkitan ekonomi nasional. Oleh sebabnya, Kemenparekraf akan memastikan keberlanjutan Sirkuit Mandalika melalui kolaborasi dengan berbagai pihak untuk menyiapkan berbagai event lainnya di sana.

Menurut Sandiaga, kunci dari keberlanjutan Sirkuit Mandalika berasal dari pengelolaan event yang digelar secara berkelanjutan. Untuk itu, ia meminta semua pihak dapat bergerak cepat memperbaiki hal-hal yang kurang baik saat penyelenggaraan MotoGP lalu.  

BACA JUGA:   Kemenparekraf Dorong Negara ASEAN Buat Program Percepatan Pemulihan Pariwisata

“Kami akan lakukan evaluasi secara intensif beberapa hari ke depan, ini akan menjadi strategi kita menentukan event mana yang segera digelar di Sirkuit Mandalika. Setelah selesai evaluasi, kita akan langsung mempersiapkan event-event berikutnya,” ungkapnya. 

“Dengan mengutamakan safety, kami ingin menjadi sirkuit ini sebagai hub sport tourism di Indonesia,” tambah Sandiaga.