Cegah Virus Corona, Hotel Terapkan SOP Ketat

Monday, 20 April 20 Herry Drajat
the papandayan corona

Wabah virus Corona memberikan pukulan besar bagi industri pariwisata dan perhotelan. Namun, di tengah bencana ini, cara pikir kreatif sangat dibutuhkan agar bisnis tetap berputar. Begitu pula yang dilakukan oleh beberapa hotel di Indonesia yang tetap beroperasi meskipun sudah banyak hotel lainnya yang terpaksa tutup sementara.

Hotel yang tetap beroperasi selama COVID-19 tentunya menerapkan SOP yang ketat untuk memberikan kenyamanan serta kesehatan setiap tamu yang berkunjung. Misalnya, Meotel Purwokerto membagikan masker gratis kepada para tamu yang tidak mengenakan masker. Selanjutnya, di meja resepsionis disiapkan hand sanitizer dan dilakukan pengecekan suhu menggunakan thermo gun. Penggunaan masker diwajibkan pada semua yang berada di lingkungan hotel, baik tamu maupun karyawan. Saat menuju kamar, para tamu akan diberikan short briefing mengenai COVID-19.

Penempatan tamu diatur sedemikian rupa di satu lantai, kemudian di lantai yang kosong akan dilakukan penyemprotan disinfektan. General cleaning di seluruh area hotel dua kali dalam seminggu. “Kami care pada tamu sehingga mereka merasa lebih nyaman dan merasa sehat,” ujar Andre H. Binawan, General Manager Hotel Meotel Purwokerto.

Sementara itu, Hotel Primebiz Cikarang Bekasi menerapkan seluruh protokol kesehatan yang ketat, seperti pengecekan suhu tubuh yang dilakukan oleh security, serta mewajibkan seluruh tamu dan karyawan menggunakan masker. Untuk menjamin kesehatan serta mencegah virus dan bakteri berkembang di semua area hotel, termasuk kamar tamu, dilakukan pest control dengan cold fogging atau fogging tanpa asap dengan bau yang tidak menyengat.

“Bulan ini kami sudah melakukan cold fogging sebanyak tiga kali,” ujar Rury Adriawan, General Manager PrimeBiz Cikarang.

Sementara itu, Hotel Aviary Bintaro memasang automatic antiseptic chamber di pintu masuk.

Anjuran pemerintah untuk melakukan physical distancing serta WFH juga turut didukung oleh kalangan hotel dengan membuat paket khusus, seperti yang dilakukan oleh Prime Plaza Hotel Purwakarta dengan meluncurkan paket “Stay & Safe” dan paket “Work From Hotel”, yaitu paket di mana tamu bisa menggunakan kamar hotel selama delapan jam. Paket tersebut termasuk ekstra diskon sampai dengan 15%, fasilitas Wi-Fi, makan siang, camilan sehat, dan minuman herbal yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Paket bekerja dari hotel juga diluncurkan oleh Holiday Inn Express Jakarta Matraman dengan dukungan fasilitas kebersihan, koneksi internet berkecepatan tinggi, area bekerja yang luas, dan juga kursi ergonomis yang nyaman. Paket tersebut termasuk sarapan pagi Express Start Buffet setiap hari di Great Room. Tak hanya itu, para tamu juga bisa menikmati fasilitas hotel lainnya seperti ruang kebugaran dan self-service laundry yang bersih dan sehat karena secara regular dilakukan sanitizing oleh manajemen hotel.