Dafam Peduli Diadakan Serentak di Seluruh Properti Dafam

Monday, 20 April 20 Herry Drajat

Dampak pandemi COVID-19 sangat dirasakan oleh industri perhotelan. Adanya anjuran untuk melakukan physical distancing serta penerapan PSBB menjadikan kegiatan traveling menurun drastis. Hal ini menyebabkan hotel mengalami penurunan jumlah tamu yang menginap.

Untuk bertahan, secara alamiah manajemen akan mengurangi pengeluaran pada pos-pos biaya terbesar, di antaranya biaya SDM melalui pengurangan jam kerja, merumahkan sebagian karyawan, bahkan skenario terburuk melakukan PHK.

Karyawan yang paling berisiko terhadap kebijakan dirumahkan sementara dan kemungkinan PHK adalah karyawan harian. Merespons persoalan tersebut, PT Dafam Hotel Management (DHM) bersama dengan seluruh stakeholders termasuk jajaran direksi, para pemilik hotel, dan pimpinan unit hotel (general manager/villa manager) bergerak bersama-sama mengambil bagian dalam program “Dafam Peduli” dengan tema “Indahnya Berbagi & Peduli, Nikmatnya Bersyukur”.

Kegiatan yang ditujukan untuk pekerja harian dan masyarakat sekitar hotel di seluruh Indonesia ini diselenggarakan secara serentak pada 20 April 2020 di seluruh unit hotel PT Dafam Hotel Management, mulai dari Pekanbaru, Lubuk Linggau, Jakarta, Bandung, Pekalongan, Cilacap, Purwokerto, Kebumen, Semarang, Yogyakarta, Banjarbaru, Jember, Surabaya, Lombok, dan Bali.

“Program ini merupakan perwujudan sekaligus dua nilai korporasi DAFAM, yakni ‘Asas kepedulian terhadap sesama dan lingkungan’ dan ‘Manfaat bagi keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara’,” ujar Andhy Irawan, CEO PT Dafam Hotel Management. 

Untuk pelaksanaan Dafam Peduli di Meotel Purwokerto dipimpin oleh Andre H. Binawan, General Manager Meotel Purwokerto. Acara ini dihadiri oleh pemilik Meotel Purwokerto, yakni Sri Lisnawati, yang memberikan bantuan dalam bentuk bahan makanan pokok dan juga uang tunai.

“Dalam kondisi seperti ini semua orang harus bisa berdamai dengan keadaan dan harus bisa fokus dengan Tuhan, bukan fokus dengan masalah karena jika fokus dengan masalah bisa menjadi stres dan tidak bisa berpikir secara positif,” ujar Sri Lisnawati.

Menurut Andre, di Meotel Purwokerto kegiatan amal tersebut adalah yang kedua kalinya setelah pada bulan Maret lalu karyawan hotel memberikan bantuan berupa uang tunai yang disisihkan dari pendapatan mereka kepada pekerja harian.

Dafam Peduil merupakan wadah aspirasi akan semangat dan kesadaran tanggung jawab sosial perusahaan untuk kemanusiaan yang dikemas dalam berbagai aktivitas sosial dan kampanye yang menginspirasi.