Enam Hotel di Jakarta Gagal Dibuka Pada Semester Pertama 2020

Wednesday, 23 September 20 Bonita Ningsih

Pandemi COVID-19 telah menghentikan sementara proyek konstruksi hotel yang ada di Jakarta. Hal ini terlihat dengan tidak adanya hotel baru yang dibuka selama kuartal pertama hingga kuartal kedua di tahun 2020.

Berdasarkan data dari Colliers International Indonesia, di semester pertama direncanakan ada enam hotel baru yang akan dibuka dengan total 1.441 kamar di dalamnya. Namun, dengan adanya pandemi ini, proyek konstruksi hotel harus dihentikan dengan alasan kesehatan dan keamanan.

“Padahal, enam hotel tersebut diharapkan dapat membuka operasionalnya di awal tahun 2020, tetapi kita lihat di enam bulan pertama tahun ini belum ada penambahan kamar baru,” kata Ferry Salanto, Head of Research Colliers International Indonesia.

Ia memprediksi pembukaan hotel baru di Jakarta baru akan terwujud pada akhir tahun 2020 atau awal tahun 2021. Selain faktor kesehatan, hal ini terjadi lantaran para investor memilih untuk menahan dananya dalam berinvestasi di proyek hotel tersebut. Alhasil, pembangunan hotel dihentikan sementara dan pembukaan hotel baru akan tertunda.

“Dari pertama kasus COVID-19 diumumkan secara resmi masuk ke Indonesia, pasar hotel memang yang paling merosot bisnisnya. Hotel banyak kehilangan jumlah tamunya dan banyak aktivitas bisnis yang ditunda hingga dibatalkan,” ujarnya lagi.

Melihat kondisi tersebut, wajar jika banyak hotel yang menghentikan pembangunan hotelnya dan menunda pembukaan operasionalnya di semester awal 2020. Apalagi, selama kuartal kedua tahun 2020, banyak hotel di Jakarta yang memutuskan untuk menutup sementara operasionalnya akibat pandemi COVID-19.

“Ini menjadi sebuah situasi terburuk bagi hotel selama kuartal dua di tahun 2020. Namun, beberapa hotel juga ada yang masih buka dengan meminimalkan biaya operasionalnya dan memanfaatkan fasilitas yang ada sebaik mungkin,” jelasnya lagi.

Dalam hal ini, Colliers International Indonesia juga memberikan data terkait hotel yang rencananya akan diresmikan pada tahun 2021. Colliers International Indonesia mencatat akan ada satu hotel bintang tiga, dua hotel bintang empat, serta tiga hotel bintang lima yang akan dibuka pada tahun 2021. Hotel-hotel tersebut tersebar di daerah Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, hingga Jakarta Selatan.