Melia Purosani Hotel Yogyakarta Selenggarakan Community Involvement

Friday, 11 January 19 Herry Drajat
Melia Purosani Hotel

Melia Purosani Hotel, hotel bintang lima berkonsep urban-resort yang ada di Yogyakarta, pada Desember lalu mengadakan serangkaian kegiatan sosial yang merupakan bagian dari Community Involvement. Acara bertajuk “Kumpul Bocah” tersebut terselenggara berkat kerja sama dengan P2TP2A (Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak) Daerah Istimewa Yogyakarta.

Acara “Kumpul Bocah” adalah edukasi pada anak-anak tentang cara menghadapi orang asing agar terhindar dari kejahatan maupun kekerasan seksual pada anak yang disampaikan melalui story telling yang menghibur serta diselingi pemutaran film kartun edukasi. Pada acara ini anak-anak diajak bergembira dengan menyanyi dan menggambar, serta mereka diajak berdiskusi kelompok sesuai usia dan didampingi oleh pendamping berpengalaman yang membantu anak-anak menyerap materi tentang proteksi diri.

Selain acara untuk anak-anak, juga diselenggarakan seminar dengan peserta ibu-ibu pendamping anak dan komunitas perempuan dari daerah Purbayan, Yogyakarta, dengan materi mengenai pola asuh anak di era digital dan seminar edukasi tentang kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Kegiatan yang mendapatkan respons positif dari para orangtua dan komunitas, terutama para ibu, yang membutuhkan edukasi mengenai pola asuh anak di era milenial adalah sebagai bentuk komitmen kerja sama Hotel Melia International yang menjadi induk Melia Purosani Yogyakarta dengan UNICEF (United Nations Children’s Fund) tentang perlindungan anak dan pencegahan eksploitasi seksual terhadap anak.

Community Involvement adalah kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap bulannya oleh Melia Purosani. Danang G. Setyawan, Marketing Communication Melia Purosani Yogyakarta, mengatakan, “Kegiatan Community Involvement selalu rutin diselenggarakan oleh pihak hotel sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan senantiasa terlibat aktif dalam kegiatan yang bersifat membangun untuk masyarakat dan lingkungan sekitar.”

Selain “Kumpul Bocah”, pada bulan Desember juga diadakan kegiatan sosial lain, yaitu pemberian donasi untuk peremajaan 35 Becak yang tergabung dalam  komunitas becak hotel Melia Purosani.

“Kegiatan peremajaan ini dilakukan sebagai salah satu upaya pihak hotel mendukung keberadaan komunitas pengemudi becak dan juga mendukung kelestarian becak sebagai salah satu moda transportasi tradisional di Yogyakarta,” ujar Jeronimo Molina, General Manager Melia Purosani Yogyakarta.