Begini Dampak Positif dan Negatif Internet

Thursday, 21 October 21 Venue

Pemakaian internet dapat dikatakan sebagai bagian dari kegiatan sehari-hari, terutama ketika Pandemi Covid-19. Banyak pekerjaan, sekolah, kuliah, dan akses-akses tempat umum dialihkan melalui media sosial yang membutuhkan internet.

“Ini adalah akibat dari perkembangan zaman yang memiliki dampak, yaitu dampak negatif dan dampak positif,” kata Muh. Amri Muktarifin, Direktur CV. Angkasa Empat Teknik & Guru SMKN 1 Brondong, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Selasa (19/10/2021).

Meskipun terkadang tidak menyadarinya, kata dia, tetapi kita sebagai pengguna internet pasti pernah merasakan hal-hal yang menguntungkan atau sebaliknya, yang merasa merugikan kita dari pemakaian internet.

Amri menuturkan, banyak sekali dampak negatif dari penggunaan internet, namun selain itu, banyak pula dampak positif dari internet. Berikut adalah dampak positif dari penggunaan internet:

  • Mudah dalam komunikasi

Internet mampu menyambungkan satu daerah ke daerah lain, meskipun jaraknya sangat jauh. Ini adalah satu keuntungan yang didapat dari internet. Melalui internet, kita bisa berkomunikasi dengan orang yang berbeda kota, pulau, bahkan negara.

  • Mudah mencari informasi

Hampir semua informasi dapat dicari melalui internet. Ini akan memudahkan pekerja dalam bekerja dam siswa dalam belajar. Informasi yang dikemas di internet juga beragam, mulai dari tulisan, foto, sampai video. Semua bisa dicari dan digunakan sesuai kepentingan masing-masing.

  • Mudah transaksi bisnis
BACA JUGA:   Meningkatkan Kualitas Pemahaman Literasi Digital

Di era digital ini, banyak pekerjaan yang dialihkan melalui internet, salah satunya adalah bisnis. Saat ini banyak bisnis dari berbagai bidang yang berjalan melalui internet. Oleh karena itu, transaksi bisnis akan semakin mudah dan menguntungkan bagi pengusaha maupun pelaku bisnis.

  • Komunikasi tidak terbatas

Selain tidak mengenal jarak, berkomunikasi melalui internet juga tidak mengenal waktu. Tidak ada batasan khusus dalam berkomunikasi menggunakan internet. Ini akan sangat berguna bagi orang-orang selalu perlu berkomunikasi.

  • Mudah bekerja jarak jauh

Tren bekerja jarak jauh sebenarnya tidak hanya karena masa pandemi ini, sebelumnya sudah banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dari jarak yang jauh, atau tidak perlu datang ke kantor. Ini semua adalah kecanggihan dari internet, internet memudahkan para pekerja yang bekerja dengan sistem remote.

Selain itu, terdapoat juga dampak negatif dari suatu hal, termasuk internet. Berikut adalah dampak-dampak negatif dari internet:

  • Membahayakan informasi pribadi
BACA JUGA:   Kemampuan Digital Plus Norma, Kunci Berinteraksi Di Dunia Siber

Banyak aplikasi atau situs yang mengharuskan penggunanya mengisi informasi-informasi pribadi. Bila informasi-informasi ini disalahgunakan, itu tentu saja akan membahayakan pemilik informasi. Informasi pribadi tersebut bisa digunakan orang yang tidak bertanggung jawab untuk menguntungkan dirinya.

  • Banyak Penipuan

Penipuan secara online sudah memakan banyak kasus. Penipuan yang sering terjadi adalah ketika melakukan jual beli secara online, seringkali seseorang merasa tertipu lantaran tidak mendapatkan barang sesuai dengan apa yang dibelinya, tetapi malah mendapatkan barang lain atau bahkan barang tersebut tidak datang sama sekali.

  • Pelecehan seksual atau Cyberbullying

Pelecehan seksual secara online adalah kasus yang semakin lama semakin meningkat jumlahnya. Sering kali korban tidak menyadari bahwa ia sedang mengalami pelecehan seksual atau bahkan masuk ke perangkap pelaku dalam pelecehan seksual.

  • Banyak video atau gambar terkait kekerasan

Zaman sekarang, banyak sekali orang dengan mudah mengunggah atau mengekspos suatu kejadian. Kejadian yang dipublikasikan pun beragam, salah satunya adalah kejadian mengenai kekerasan. Meskipun tidak selalu penganiayaan atau berhubungan dengan fisik. Sangat banyak video atau gambar yang berbau atau mengarah pada kekerasan.

  • Antisosial
BACA JUGA:   Pahami Netiquette Sebelum Bermedia Sosial

Internet adalah sesuatu yang asik, seseorang bisa menggunakan internet selama berjam-jam tanpa henti. Maka dari itu, banyak anak-anak yang lebih sering berada di kamar dan bermain internet ketimbang ke luar rumah dan melakukan kegiatan sosial dengan teman-teman sebayanya.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).