‘Best Digital Skills’ di Era Digital

Monday, 11 October 21 Venue
travel fotografer

Di era digital seperti saat ini dibutuhkan keahlian-keahlian (skills) yang dapat memahami kebutuhan digitalisasi. Pemahaman kebutuhan itu dapat melalui Literasi digital yang merupakan kemampuan memahami, mengoperasikan, menggunakan dan memanfaatkan teknologi untuk mengakses dan mengelola informasi yang mendukung aktivitas baik dalam kehidupan, belajar,  dan bekerja.

“Ada 6 (enam) best digital skills yang diperlukan seseorang untuk bisa bertumbuh sekarang ini,” kata Harryanto Wen, CEO Redmitra Indonesia saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Kota Bekasi,  pada Kamis (7/10/2021).

Enam keahlian itu, yaitu:

  • Content creator

Membuat konten bisa dimulai dengan langkah pertama. Bila melihat misalnya YouTuber seperti Atta Halilintar, unggahan pertamanya pun belumlah sebagus sekarang. Selain itu mudahnya jika ingin membuat unggahan pertama, saat belanja online Anda bisa melakukan unboxing yang sangat simple untuk dilakukan. Setelah itu ide lain pasti akan muncul lebih banyak setelah unggahan pertama kali.

  • Data analyst

Merupakan digital skills yang dicari perusahaan-perusahaan besar. Karena semua itu diperlukan untuk pertumbuhan bisnis. Data analyst biasanya mengumpulkan data dari yang sudah beredar di masyarakat, misalnya terkait kebiasaan masyarakat yang berhubungan dengan bisnis tersebut.

  • SEO (Search Engine Optimize)

SEO berhubungan dengan pengoptimalan sistem pencarian di Google, sehingga segala bentuk penulisan maupun unggahan akan disesuaikan dengan apa yang paling banyak dicari masyarakat di Google.

  • Copywriting

Copywriting berhubungan dengan hal seperti membuat caption di Instagram, strategi penyusunan kata-kata dalam unggahan di media sosial dan web. Bagian copywriting ini pun akan bersinggungan dengan SEO.

  • Sosial Media Strategy

Bidang ini sedang banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan yang baru berkembang hingga perusahaan yang sudah stabil. Karena mereka dalam menjalankan sosial media membutuhkan strategi konten apa saja yang akan ditampilkan.

  • Marketplace

Marketplace yang ada saat ini seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak tengah menjadi industri yang berkembang. Digital skills yang berhubungan dengan penjualan dan strategi untuk mengembangkan marketplace sangat dibutuhkan di era digitalisasi seperti sekarang ini.

BACA JUGA:   Dampak Buruk Sindrom Nomophobia

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).