Copywriting, ‘Salesman’ di Jual Beli Online

Thursday, 29 July 21 Venue

Copywriting menjadi salah satu hal penting dalam berbisnis online. Tujuannya untuk memberikan penjelasan dan memberikan penawaran produk kepada konsumen. Copywriting merupakan salah satu teknik untuk membuat tulisan menarik sehingga pembaca memberikan respon yang diinginkan.

“Secara gampangnya copywriting ini menjadi salesman produk, tetapi dalam bentuk tulisan,” kata I Gede Agus Krisna W, Dosen TIK Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Rabu (28/7/2021).

Menurut dia, di dalam sistem jual beli online seperti yang terdapat di toko online, Instagram, Facebook, penjual dan pembeli tidak bisa bertemu secara langsung, sehingga digantikan dengan copywriting. Deskripsi produk ditulis dengan baik menggunakan teknik copywriting.

“Biasanya respon yang diharapkan seperti melakukan tindakan pembelian, pendaftaran, submit email, menjawab pertanyaan, poling, mengingat atau tindakan lainnya. Semakin menarik copywriting yang kita buat maka akan semakin besar pula peluang yang akan didapatkan,” kata I Gede Agus Krisna.

BACA JUGA:   Tips dan Strategi Menjadi Produktif di Era Digital

Mengabaikan teknik copywriting, lanjut dia, berarti membuang sia-sia 80% dari waktu dan biaya yang sudah dikeluarkan. Menurutnya, ada formula khusus yang banyak copywriter gunakan untuk dijadikan patokan dalam membuat copywriting yang menarik yaitu teknik AIDA. AIDA kepanjangan dari kata Attention (Perhatian), Interest (Minat), Desire (Keinginan) dan Action (Tindakan).

“Masih banyak teknik lain yang banyak digunakan oleh copywriter andal saat ini, semua tergantung dari produk yang dijual dan target market,” ujarnya.

BACA JUGA:   Jejak Digital dan Pengaruhnya dengan Melamar Pekerjaan

Menurut hasil survei hanya ada 8 dari 10 orang yang membaca judul dan hanya 2 orang yang melanjutkan membaca sampai selesai. Dari 10 orang itu sudah bisa dipastikan 8 orang tidak akan membeli produk. Tetapi jika sudah menerapkan teknik copywriting yang benar, maka hasilnya pasti akan berbeda.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

BACA JUGA:   Marak Pinjol Ilegal, Simak Pencegahannya

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).