Hapuskan Rasa Khawatir, Ini Keuntungan Berbelanja Online

Saturday, 16 October 21 Venue

Kehadiran internet telah mengubah gaya hidup masyarakat, salah satunya dalam hal kebiasaan berbelanja. Menurut Dewi wahyu Wijianti, Koordinator Tutor Bimbel Privat Mandiri, kalau dulu berbelanja dilakukan dengan mengunjungi toko, kini belanja lebih praktis dilakukan secara online, atau umumnya disebut dengan belanja online atau online shopping.

“Meskipun menawarkan kemudahan berbelanja, ternyata masih banyak yang takut untuk mulai berbelanja secara online,” kata dia dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (15/10/2021).

Menurut Dewi, terdapat empat keuntungan yang bisa dirasakan ketika berbelanja online di situs-situs e-commerce, di antaranya:

  • Hemat Waktu dan Uang

Tidak butuh banyak waktu untuk belanja online. Kita bisa belanja di sela-sela jam makan siang atau bahkan dalam perjalanan menuju kantor. Selain menghemat waktu, juga menghemat ongkos bepergian menuju toko. Kita juga tidak ribet menenteng barang belanjaan, karena pesanan diantar hingga ke depan pintu rumah. Dengan begini, kita punya lebih banyak waktu untuk melakukan aktivitas lainnya yang mungkin sebelumnya tidak bisa dilakukan.

  • Pilihan Produk Lebih Beragam
BACA JUGA:   Beralih ke Belanja Online, Ini Alasannya

Selain keuntungan bagi pembeli, toko online juga memberi kesempatan bagi penjual yang memiliki barang-barang tidak biasa atau jarang ditemukan di toko pada umumnya, agar bisa ditemukan pembeli yang membutuhkan. Untuk barang-barang yang biasa dibeli di tokopun, variasi yang ditemukan di toko online jauh lebih beragam. Jadi, jangan heran kalau menemukan berbagai barang mulai dari variasi strap kamera, spare part alat musik, makanan atau cemilan unik, dan masih banyak lagi.

  • Dapatkan Harga Termurah
BACA JUGA:   Memanfaatkan Smartphone Agar Lebih Produktif

Salah satu strategi toko online untuk menarik pelanggan adalah dengan memberikan berbagai potongan harga mengikuti momen tertentu. Kalau terbiasa berbelanja online, pasti sudah familiar dengan Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional), year end sale, Jakarta Great Sale jelang hari ulang tahun DKI Jakarta, bahkan berbagai penawaran juga hadir selama hari-hari penting seperti tahun baru Imlek, bulan Ramadan dan perayaan Natal. Beberapa toko online juga tidak sedikit yang menawarkan gratis ongkos kirim. Tentunya dengan syarat dan ketentuan dari masing-masing toko. Selain itu, ada pula penawaran cashback yang juga menguntungkan pembeli.

  • Kemudahan dalam Pembayaran

Selain menghemat waktu dan memberikan banyak pilihan produk yang bisa dibeli, belanja online juga memberikan kemudahan dalam hal pembayaran. Kalau selama ini kamu sudah terbiasa melakukan pembayaran menggunakan metode COD, kartu debit, atau kartu kredit.

BACA JUGA:   ‘Caper’nya Penyebar Ujaran Kebencian di Medsos

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).