Kejahatan Siber Merajalela, Terapkan Tips Aman Berinternet

Saturday, 28 August 21 Venue

Saat ini, setiap orang melakukan kegiatannya secara mudah dengan menggunakan internet. Transaksi, belanja, komunikasi, dan kegiatan lainnya semua dilakukan menggunakan internet. Meskipun mudah, kata Siswo Handoyo, Founder Jurnalfaktualnews.com, dalam melakukan kegiatan di internet harus berhati-hati karena kejahatan siber mulai merajalela.

“Kejahatan di dunia internet semakin banyak, kejahatan menyerang pengguna internet dengan tujuan berbeda-beda,” ujar dia dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Jumat (27/8/2021).

Beberapa kejahatan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab, kata dia, seperti pencurian data social media, membobol akun internet banking, dan masih banyak lagi. Siswo mengatakan, bagi pengguna aktif, sebaiknya menerapkan tips aman menggunakan internet sebagai berikut:

  • Log out akun

Tips aman berinternet yaitu selalu melakukan log out akun yang ada di internet, seperti media sosial, internet banking, email, atau lainnya. Setelah selesai menggunakannya lebih baik log out untuk melindungi dari kejahatan siber.

  • Membuat kombinasi password yang sulit ditebak
BACA JUGA:   Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Masyarakat Digital

Password merupakan kunci untuk menjaga keamanan seluruh akun di internet. Password bisa dibobol oleh hacker apabila tidak memiliki kombinasi yang kuat. Buatlah password dengan kombinasi tersulit supaya tidak dapat dibobol hacker. Cara membuat kombinasi password mengunakan huruf kecil, huruf besar dan angka. Gunakan dua belas digit password. Untuk menjaga keamanan password, sebaiknya rutin melakukan pergantian password setiap dua bulan sekali.

  • Jangan menyebarkan informasi pribadi

Melalui internet, seseorang bisa menemukan informasi. Salah satunya informasi pribadi seseorang. Meskipun begitu, tidak boleh sembarangan menyebar informasi di internet. Jika Anda menuliskan informasi pribadi secara lengkap maka bisa saja ada orang jahat yang menggunakan data pribadi Anda. Tuliskan saja data pribadi singkat. Contohnya saat menggunakan Facebook, tulislah data pribadi secukupnya. Tidak perlu dijabarkan alamat rumah, nomor rumah, nomor pribadi atau data lainnya secara lengkap.

  • Update antivirus
BACA JUGA:   Pandemi Tak Menghambat Musisi Berkarya

Tips aman berinternet selanjutnya yaitu memasang antivirus terbaru pada komputer. Fungsi antivirus untuk melindungi data di komputer agar tidak terserang virus. Selain itu antivirus juga berfungsi sebagai harm content, melindungi dari situs berbahaya, dan menghindari situs dengan bahasan konten dewasa. Antivirus bisa bekerja secara maksimal apabila selalu di-update, dengan begitu perlindungan komputer lebih terjamin keamanannya.

BACA JUGA:   Ragam Dampak yang Ditimbulkan dari Berita Hoaks

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).