Cara Mengembangkan Bisnis Lokal ke Pasar Internasional

Friday, 06 August 21 Venue

Ketika pasar dalam negeri sudah penuh persaingan, tidak ada salahnya mencoba pasar luar negeri. Jika sudah demikian bagaimana membuat produk Anda diminati oleh konsumen negara lain.

“Mengenalkan produk ke luar negeri memang menarik bagi pengusaha di Indonesia. Apalagi jika termasuk pengusaha pemula yang ingin menjajal kompetisi pangsa pasar internasional,”  kata Rizqi Mulyantara, CEO Digitiket, dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Kamis (5/8/2021).

Menurut dia, menjajal pasar luar negeri merupakan hal yang wajar karena produk usaha membutuhkan target pasar untuk berkembang lebih maju. Dan untuk permulaan, kata dia, ada baiknya mulai pelajari sedikit tentang HS Code.

HS Code merupakan singkatan dari harmonized commodity and coding system yang dikembangkan oleh World Customs Organizations sebagai sarana nomenklatur produk multifungsi yang menjabarkan jenis barang yang diperdagangkan. “Kini, petugas bea cukai harus menggunakan HS Code ini untuk memeriksa semua komoditas yang memasuki batas negara lain,” ujarnya.

Rizqi mengatakan, bagi pengusaha yang ingin mengembangkan bisnis ke luar negeri, ada baiknya mempelajari dulu cara mengembangkan bisnis lokal ke pasar internasional, di antaranya:

  • Lakukan penelitian pasar.
BACA JUGA:   Bisnis Trading, Simpel dan Menggiurkan

Pasar di Indonesia belum tentu sama dengan pasar internasional, oleh karena itu sebelum memutuskan mengembangkan bisnis ke luar negeri, harus mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai pasar Internasional. Dengan informasi yang lengkap, Anda akan lebih matang untuk mengembangkan bisnis ke taraf Internasional.

Tak hanya itu, informasi yang lengkap juga dapat membantu mengidentifikasi kemungkinan risiko dan membuat rencana untuk menghindari kesalahan sehingga bisnis akan dianggap sebagai merek Internasional dengan pemikiran yang maju, dapat dipercaya, dan juga memiliki kredibilitas tinggi.

  • Manfaatkan media promosi.

Sebagai pengusaha pasti sudah tahu seberapa kuatnya promosi memengaruhi kesuksesan bisnis. Sebagai pengusaha yang ingin mengembangkan bisnisnya ke luar negeri, Anda dapat memanfaatkan media Internet, khususnya media sosial seperti Facebook dan Instagram. Dengan mempromosikan bisnis melalui internet, pasar internasional dapat melihat dan mengetahui keberadaan produk Anda sehingga mereka pun akan lebih mengenal produk dan tertarik dengan produk yang Anda promosikan.

  • Buat produk dengan kualitas tinggi.

Produk dengan kualitas tinggi pasti akan dicari banyak orang. Meski harganya sedikit mahal, konsumen akan rela mengeluarkan uang lebih banyak untuk produk dengan kualitas tinggi. Untuk mengetahui apakah produk Anda telah memiliki kualitas tinggi, ada baiknya Anda membuat ulasan konsumen. Hal ini dapat membantu Anda melakukan penilaian dan evaluasi agar produk Anda dapat diterima dengan baik di pasar internasional.

  • Mencari relasi yang baik.
BACA JUGA:   Pandemi, Bertahan Karena Transformasi Digital

Relasi merupakan hal penting dalam dunia bisnis dan mencari relasi bukanlah hal yang mudah. Dengan adanya relasi yang baik, bisnis akan berjalan dengan baik dan mendapatkan beberapa keuntungan seperti modal tambahan, media promosi dan periklanan, kerjasama penitipan barang, atau kerja sama lainnya. Relasi yang baik akan membantu dan memudahkan Anda untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis. Oleh karena itu, sebagai pengusaha ada baiknya untuk memperluas jaringan dan mencari relasi.

  • Miliki rencana yang matang.

Ingin melakukan ekspansi bisnis ke luar negeri berarti harus mengembangkan skill dan strategi dalam bisnis. Dengan adanya strategi bisnis yang matang, rekan kerja atau perusahaan luar dapat memastikan bahwa mereka sedang menjalin relasi dengan orang yang tepat. Buatlah rencana bisnis yang ambisius namun tetap kredibel dalam menilai peluang bisnis yang beragam.

BACA JUGA:   Cyber Safety, Cara Aman Mengakses Internet

Tak hanya itu, untuk mengembangkan bisnis ke luar negeri Anda juga memerlukan laporan keuangan yang dapat memudahkan Anda dalam memonitor perkembangan dan posisi keuangan bisnis Anda.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).