Manfaat Internet di Bidang Pendidikan

Saturday, 27 November 21 Venue

Kemajuan teknologi di zaman sekarang menuntut hampir semua orang untuk berhubungan dengan internet. Harus diakui, banyak manfaat yang telah diberikan oleh teknologi informasi dan komunikasi ini.

“Bahkan, kehadiran internet telah membawa perubahan di segala bidang kehidupan di seluruh penjuru dunia. Tak terkecuali di bidang pendidikan,” kata Ervita Delima Sari, Sosial Media Specialist PT Pos Indonesia dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Kamis (25/11/2021).

Menurut dia, ada banyak manfaat dari internet untuk digunakan dalam bidang pendidikan. Seperti menjadi sarana mencari informasi bagi siswa, semisal untuk membantu menyelesaikan tugas agar pekerjaannya bisa membuahkan hasil yang bagus.

BACA JUGA:   Kecanduan Medsos, Begini Gejalanya

Berikutnya, bisa menjadi sarana mempermudah pencarian referensi. Hanya dengan memasukkan kata kunci tertentu dalam kotak pencarian, peserta didik bisa mendapatkan informasi yang terkait atau relevan dengan cepat.

“Internet juga merupakan penyedia sumber informasi yang relatif murah. Sebab, saat ini sudah banyak ragam paket internet yang tersedia. Tentu saja harga dan benefit yang diberikan berbeda-beda. Adanya persaingan membuat harganya menjadi relatif lebih murah,” tutur Ervita.

Di tangan pelajar, kata dia, internet juga bisa menjadi penyedia sumber pelajaran tambahan bagi peserta didik. Bagi yang ingin mencari tahu tentang topik-topik yang menarik, internet adalah tempat paling tepat. “Jadi tidak perlu menunggu topik diajarkan oleh guru atau dosen, karena bisa langsung mencari tahu lebih dalam di internet dengan cepat. Yang pasti, internet juga bisa digunakan untuk mencari informasi beasiswa bagi peserta didik, hingga mendorong untuk penguasaan bahasa asing,” ujar Ervita.

BACA JUGA:   Meminimalisir Dampak Negatif Gawai

“Internet juga bisa menjadi sarana pendidikan jarak jauh, seperti di masa pandemi saat ini. Peserta didik tak perlu datang ke sekolah, lantaran dengan memakai internet pembelajaran jarak jauh bisa dilaksanakan,” kata Ervita.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

BACA JUGA:   Era Digital, Empat Keahlian Ini Penting Dimiliki

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).