Masyarakat Indonesia Sudah Melek Digital, Begini Faktanya

Saturday, 27 November 21 Venue

Data pengguna internet di Indonesia cukup besar dan menempati posisi ke-4 di dunia yaitu dari total penduduk sekitar 275 juta, sebanyak 202,6 juta sudah melek digital. Namun menurut Monica Eveline, Digital Strategist Diana Bakery, berdasarkan survei Microsoft, fakta pengguna ruang digital yang sesuai di Indonesia cukup mengkhawatirkan.

“Tingkat kesopanan masyarakat Indonesia paling rendah se-Asia Tenggara dan terendah ke-4 di dunia,” katanya saat webinar Literasi Digital wilayah kabupaten Purwakarta, Jawa Barat I,  pada Rabu (24/11/2021).

Dengan fakta tersebut, lanjut dia, meskipun sudah melek digital ternyata masyarakat Indonesia masih perlu belajar mengenai etika digital. Kemampuan menggunakan gawai dan mengoperasikannya perlu diikuti etika sebagai pengguna yang memiliki adab di dunia digital.

BACA JUGA:   Menghadapi Perubahan Dunia Dengan Keterampilan

“Seperti bisa memahami informasi yang beredar agar tidak mudah termakan hoaks atau berita palsu. Serta mengetahui keberadaan pengguna lainnya agar lebih menjaga sikap dalam mengomentari maupun mengunggah sesuatu di internet,” kata Monica.

Dia mengatakan, hindari SARA dan cyberbullying, seperti yang saat ini sering terjadi yaitu ada artis mengunggah fotonya lalu netizen memberikan berbagai komentar hujatan. Padahal, kata dia, ada efek sangat besar dari komentar menyudutkan yang mengarah cyberbullying. “Bisa memengaruhi orang yang dikomentari, pada mental hingga membuat stress dan bunuh diri,” ujar Monica.

BACA JUGA:   Tingkatkan Produktivitas, Ini Ragam Aktivitas di ‘Rumah Saja’

Dia mengatakan, hal yang kadang terlupakan juga, etika dan sopan santun saat berkomunikasi di ruang obrolan. Terkadang seseorang lupa akan siapa dirinya dan memposisikan diri tanpa memandang lawan bicara. “Seharusnya tetap ada tegur sapa yang sopan seperti menggunakan sapaan dan kata tolong agar tetap memiliki etika apakah kepada guru, dosen, maupun relasi di kantor,” kata dia.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

BACA JUGA:   Tiga Alasan Pinjol Ilegal Menjamur

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).