Memulai Bisnis Online, Ini Tipsnya

Friday, 27 August 21 Venue

Sebelum terjun ke dunia bisnis yang ingin ditekuni, ada baiknya untuk terlebih dahulu memahami beberapa strategi berbisnis. Salah satu cara yang saat ini sedang digeluti oleh banyak orang, menurut  Agus Latif, Konsultan Industri Kecil dan Menengah, adalah melalui online.

“Berbisnis secara online juga masih ada banyak strategi agar Anda mampu mencapai target hingga keuntungan yang diinginkan,” kata dia dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Kamis (26/8/2021). Selain strategi, lanjut dia, rasa percaya diri dan pantang menyerah pun menjadi kunci untuk meraih kesuksesan berbisnis secara online.

Agus mengatakan, terdapat tips bagaimana memulai bisnis online yang dapat diperhatikan, di antaranya:

  • Mencari tahu apa yang dibutuhkan masyarakat
BACA JUGA:   Berkolaborasi Lestarikan Konten Positif dan Berbudaya

Untuk meningkatkan peluang sukses bisnis yang Anda mulai, mulailah dengan menganalisis pasar, yaitu dengan menemukan sekelompok orang yang sedang mencari solusi dari suatu masalah, tetapi tidak menemukan banyak solusi. Salah satu caranya mencari tahu di Internet apa yang paling mereka butuhkan.

  • Membuat pemasaran yang menarik

Ada formula penyalinan penjualan yang membawa pelanggan melalui proses penjualan dari saat mereka tiba hingga saat mereka melakukan pembelian. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mempromosikan produk Anda melalui tulisan yang menarik perhatian para konsumen, serta bagaimana produk Anda dapat berguna bagi mereka.

  • Membangun bisnis melalui situs atau media sosial
BACA JUGA:   Tips Aman Transaksi Gunakan Internet Banking

Setelah mendapatkan ide dan produk, serta siap untuk melakukan proses penjualan, sekarang Anda perlu membuat wadah untuk bisnis kecil Anda. Ingatlah untuk tetap sederhana. Anda memiliki waktu kurang dari lima detik untuk menarik perhatian seseorang. Jika tidak, mereka akan pergi, tidak akan pernah terlihat lagi.

  • Membuat strategi pemasaran yang menarik

Strategi pemasaran dari konten yang dibuat dapat menarik prospek dan pelanggan ke toko kecil Anda. Tujuannya, untuk terus melibatkan dan menyenangkan mereka, bahkan setelah mereka menjadi pelanggan. Ini memungkinkan untuk mengembangkan bisnis yang memberikan nilai dan membangun kepercayaan di antara audiens.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

BACA JUGA:   Ruang Siber, Tempat Istimewa Teroris Temukan Sumber Daya Baru

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).