Memulai Bisnis, Simak Tipsnya

Friday, 19 November 21 Venue

Di era digital, banyak pilihan bisnis yang bisa dilakukan tanpa perlu modal besar dan biaya pemasaran yang tinggi. membuat bisnis sampingan bisa menjadi salah satu strategi untuk mendapatkan pemasukan tambahan yang bisa dilakukan di masa Pandemi Covid-19.

“Bukan hanya bermodalkan media sosial atau marketplace, kita bisa menjual skill atau produk kita,” kata Haris Nurtanio, CEO Grubhoster Website Service & Guru Multimedia SMKN 1 Tapen, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Rabu (17/11/2021).

Dia menambahkan, “enaknya lagi, dengan media digital yang terus berkembang maju, semuanya bisa serba fleksibel. Kita bisa menjalankannya dari mana saja dan kapan saja,” ujar Haris.

Dia mengatakan, bagi yang ingin memulai bisnis, terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjalankan bisnis, di antaranya:

  • Menyewa pelatih bisnis
BACA JUGA:   Tips Mengurangi Paparan Pornografi

Kendati memiliki banyak pengalaman sebagai eksekutif di sebuah perusahaan dan tahu cara menjalankan sebuah departemen. Namun, bukan berarti Anda tahu cara menjalankan bisnis terutama yang menawarkan jasa di bidang kreatif. Sewalah pelatih bisnis untuk menumbuhkan pola pikir kepemimpinan yang tepat, dan membantu untuk dapat menemukan klien yang tepat dan jenis pekerjaan sesuai dengan keahlian.

  • Selalu promosi

Memang sulit untuk mempromosikan jasa, tetapi sebagai pemilik bisnis, Anda tidak dapat menghentikan pemasaran. Meskipun Anda mungkin tidak memiliki prospek setiap hari, pasarkan perusahaan setidaknya beberapa jam seminggu.

  • Bermitra dengan akuntan yang tepat

Sewalah seorang akuntan virtual yang ramah anggaran. Hal ini dapat mengatur semua struktur keuangan perusahaan dan semua dokumen. Bahkan ini dapat membantu menghitung pajak.

  • Menyewa asisten virtual
BACA JUGA:   Lima Langkah Mengidentifikasi Berita Hoaks di Internet

Asisten virtual menawarkan layanan administrasi misalnya terkait kontrak kerja sama. Untuk seorang solopreneur, asisten virtual membuat Anda tidak perlu membuang waktu.

  • Hidup dengan kalender Google

Saat beban kerja meningkat, daftar tugas yang ditulis tangan akan terabaikan. Untuk itu gunakanlah kalender Google guna mengatur segala aktivitas dan agenda kinerja Anda. Buatlah pengatur waktu selama 25 menit dan fokus pada satu tugas selama waktu itu (tidak memeriksa email atau media sosial klien). Semakin lama Anda melakukan hal itu, maka semakin mudah bagi Anda untuk membuat draft blog klien atau hal yang biasanya memakan waktu lebih lama.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

BACA JUGA:   Gunakan THINK Sebelum Memposting di Media Sosial

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).